Indonesia Komitmen Perbaiki Pengelolaan FOLU dan Mempercepat Transisi Energi

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 03 Desember 2023 | 21:56 WIB
Presiden Jokowi di KTT COP (SinPo.id/ Dok. Kemenko Perekonomian)
Presiden Jokowi di KTT COP (SinPo.id/ Dok. Kemenko Perekonomian)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan komitmen Indonesia untuk memperbaiki pengelolaan forest and other land use (FOLU), serta mempercepat transisi energi menuju energi baru terbarukan. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi Conference of the Parties ke 28 (KTT COP28) yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab

Pasalnya, Indonesia selama ini turut berkontribusi menindaklanjuti isu perubahan iklim melalui berbagai kebijakan nasional dan internasional, dengan melakukan sejumlah upaya guna menurunkan emisi karbon.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan, lahan Indonesia yang luas dan subur, sebagian besar penduduk Indonesia dapat menggantungkan hidup dari sektor pertanian yang didukung dengan ekosistem pendukung yang memadai, dan konektivitas infrastruktur yang juga telah dibangun secara masif. 

"Potensi tersebut dapat dikembangkan untuk kesejahteraan pertanian skala kecil maupun food estate skala besar yang didukung pendanaan dan transfer teknologi tinggi sehingga diharapkan dapat menyuplai kebutuhan global," kata Jokowi, dikutip Minggu 3 Desember 2023.

Oleh karena itu, Indonesia menekankan bahwa kolaborasi global harus diperkuat melalui investasi di bidang pertanian dan peternakan karena produk pertanian dan peternakan juga dapat menghasilkan energi yang lebih ramah lingkungan.

Kemudian Indonesia juga sangat mendukung inisiatif kehadiran UEA dalam mendorong kolaborasi internasional yang berpusat pada pertanian berkelanjutan, rantai pasok, ketahanan, dan aksi iklim. Sehingga, Presiden berharap inisiatif tersebut dapat membuahkan hasil nyata untuk menciptakan dunia yang lebih sejahtera.sinpo

Komentar: