PSI Janji Kawal RUU Perampasan Aset Jika Lolos ke Parlemen

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 04 Desember 2023 | 18:59 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (SinPo.id/ Ashar)
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyebut partainya akan mengawal Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset bila lolos masuk ke DPR RI.

Kaesang mengatakan hal itu saat berdialog dengan masyarakat Tionghoa yang ada di Kota Malang, Jawa Timur pada Senin, 4 Desember 2023.

"Saya minta nanti bapak-bapak dan ibu-ibu juga untuk mendukung kami, karena kalau tidak (didukung) kita tidak akan bisa mengawal ini," kata Kaesang.

Kaesang mengamini meloloskan RUU Perampasan Aset menjadi UU bukan perkara yang mudah. Apalagi, tidak sedikit partai politik (parpol) yang menolak RUU Perampasan Aset tersebut.

"Karena kalau kita lihat mungkin banyak partai yang enggak akan mau, memiskinkan (koruptor) saja enggak mau, apalagi menghukum mati," ujar dia.

Oleh karena itu, Kaesang menilai RUU Perampasan Aset adalah hal yang paling realistis ke depan.

"Karena kita tahu koruptor itu takutnya miskin, tidak takut dipenjara, karena di penjara juga mungkin enak, kayak di hotel. Tapi sekali lagi lagi, ketika kami mengajukan RUU Perampasan Aset harus didukung (oleh publik)," tuturnya.sinpo

Komentar: