Menpora Klaim Piala Dunia U-17 Ciptakan Perputaran Uang Hingga Rp305 Miliar

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 04 Desember 2023 | 20:58 WIB
Menpora Dito Ariotedjo (SinPo.id/ Dok. Setpres)
Menpora Dito Ariotedjo (SinPo.id/ Dok. Setpres)

SinPo.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menyebut penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-17 tahun 2023 di Indonesia berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi sektoral melalui perputaran uang senilai Rp305 miliar.

Dito menjelaskan, dari data sekunder sementara berupa Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan perhitungan rata-rata pengeluaran pentonton, dapat dilihat besaran kenaikan ekonominya. 

"Dari penyelenggaraan piala dunia menghasilkan perputaran uang sebesar Rp305 miliar dengan angka pengganda sebesar 1,6," kata Dito di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, diikutip melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 4 Desember 2023.

Dito mengatakan, menurut analisis ekonomi bahwa tambahan nilai produksi barang dan jasa di indonesia yang dihasilkan dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di empat daerah yaitu sebesar Rp250 miliar. Selain itu, dari segi produk domestik bruto (PDB) juga diklaim mengalami peningkatan sebesar Rp229,2 miliar.

“Dengan demikian penyelenggaraan U-17 berdampak pada perkembangan ekonomi, berdasarkan sektor sebesar 0,02 persen,” ujarnya.

Selain perputaran uang, lanjut Dito, dampak dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17 juga memberikan sejumlah multiplier effect pada perkembangan berbagai sektor di indonesia, seperti tempat wisata, food & beverages, pedagang merchandise sepak bola, penginapan serta UMKM.

“Di antara kelima sektor tersebut, pariwisatalah yang paling terdampak, mengalami kenaikan pendapatan usaha rata-rata sekitar 58,4 persen dibandingkan hari biasa,” tandasnya.sinpo

Komentar: