Dua Perusahaan Rusia di Bidang Smart City Ikut Berinvestasi di IKN

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 04 Desember 2023 | 21:52 WIB
Ilustrasi IKN (SinPo.id/ Instagram)
Ilustrasi IKN (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Dua perusahaan asal Rusia, yang bergerak di bidang smart city, telah menyerahkan letter of intent (LoI) kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), sebagai langkah awal untuk berinvestasi dan berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara.​

“KBRI Moskow terus mengupayakan agar perusahaan-perusahaan asal Rusia dan Belarus turut mengambil bagian pada pembangunan Nusantara. Nusantara adalah masa depan Indonesia," kata Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Federasi Rusia dan Belarus, Berlian Helmy, Senin 4 Desember 2023.

Sebelumnya, delegasi asal Rusia tersebut juga telah melakukan kunjungan lapangan ke Nusantara dan menyaksikan langsung pembangunan yang sudah terlihat sangat progresif. Adapun sejumlah titik yang ditinjau, antara lain zero point, menara pandang, camping site, serta gedung pemerintahan inti, yakni istana negara dan kantor kementerian dan lembaga.

Meski demikian, KBRI Moskow akan terus mengupayakan peningkatan investasi Rusia dan Belarus, tidak hanya di Nusantara, namun juga di wilayah Indonesia lainnya.

Selain kedua perusahaan tersebut, sudah ada beberapa perusahaan Rusia lainnya di sektor renewable energy dan smart technology, khususnya pengelolaan perkotaan, yang telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di IKN.  Hal ini akan terus didorong dan difasilitasi agar minat investasi dapat menjadi suatu proyek konkret.sinpo

Komentar: