Peringatan HGN DKI Jakarta Digelar di Auditorium Ki Hajar Dewantara

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 06 Desember 2023 | 04:24 WIB
Hari Guru Nasional
Hari Guru Nasional

SinPo.id -  Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menggelar peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Auditorium Ki Hajar Dewantara, Gedung Disdik, Jalan Gatot Subroto. Peringatan HGN DKI Jakarta tahun 2023 diisi berbagai kegiatan di antaranya pameran, pentas seni teater, dan penyerahan penghargaan bagi guru PAUD hingga SMA/ SMK inovasi dan berprestasi se Jakarta.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo mengatakan, kegiatan HGN DKI Jakarta tahun 2023 mengambil tema, "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

"Tujuan digelarnya kegiatan Hari Guru Nasional adalah meningkatkan kompetensi melalui guru berbagi yakni acara gelar wicara, guru inovatif serta apresiasi jasa guru berkarya yang tertuang dalam penampilan dan pameran," ujar Purwosusilo, Selasa 5 Desember 2023

Ia menuturkan, pihaknya juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru berkarya, guru berprestasi tingkat nasional dan komunitas guru penggerak pada acara peringatan Hari Guru Nasional Provinsi DKI Jakarta tahun 2023.

Disdik DKI juga mendapat penghargaan Jawara Belajar.id tahub 2023 berbasis teknologi tingkat nasional dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Predikat Daerah Jawara Belajar.id merupakan penghargaan tertinggi kepada daerah yang telah sukses melaksanakan transformasi pembelajaran di satuan pendidikan melalui pemanfaatan akun Belajar.id yang menjadi program utama dari Kemendikbudristek RI.

"Saya berharap guru Jakarta terus semangat berkarya membangun bangsa karena guru adalah orang pertama yang tahu masa depan bangsa Indonesia yang terletak pada generasi muda yaitu anak anak kita yang sedang bersekolah," paparnya.

Plh Asisten Kesejahreraan Rakyat DKI Jakarta, Premi Lasari meminta guru dapat mempersiapkan generasi muda  untuk beradaptasi dengan dinamika global, menguasai teknologi terkini dan memiliki pemikiran kritis.

“Provinsi DKI Jalarta akan bertransformasi menjadi kota global dan guru akan berperan sebagai pioner perubahan dan pembimbing peserta didik untuk bersaing secara global, memiliki wawasan internasional serta berperan aktif dalam skenario global," pintanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada guru yang memiliki dedikasi mendidik generasi muda sehingga bisa memberikan dharma bakti kepads bangsa dan negara.

Guru merupakan agen perubahan yang membawa cahaya pengetahuan, membuka jendela wawasan, menggugah semangat untuk terus belajar berkembang dan membantu siswa untuk mengembangkan potensi terbaiknya.

"Mari kita bersama berkomitmen mendukung para guru dalam upaya mempersiapkan generasi penerus Jakarta yang mampu bersaing dan berkontribusi dalam panggung global. Saya yakin Jakarta akan menjadi kota maju ekonomi dan memiliki sumber daya manusia berintegritas, berwawasan global dan berkepribadian unggul," tandasnya.sinpo

Komentar: