Jokowi Harap Gereja Keuskupan Kupang Pererat Kerukunan Bangsa

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 06 Desember 2023 | 13:33 WIB
Peresmian Gereja Keuskupan Kupang (Sinpo.id/Setpres)
Peresmian Gereja Keuskupan Kupang (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi Gereja Katedral Kristus Raja saat kunjungan kerjanya di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun gereja tersebut sebelumnya rusak karena bencana alam Badai Seroja yang terjadi pada 2021 silam.

"Dengan anggaran dari APBN, Gereja Katedral ini dibangun, direhabilitasi, dan tadi saya masuk saya betul-betul terkagum-kagum interior di dalam sangat, sangat bagus sekali, indah sekali," kata Jokowi melalui siaran Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 6 Desember 2023.

Jokowi menjelaskan, renovasi dilakukan secara menyeluruh, dengan membangun gereja baru yang ukurannya lebih luas dari sebelumnya.

Menurutnya, fasilitas baru yang dibangun dilengkapi dengan sekretariat paroki, menara lonceng, ruang panel, dan genset.

"Hari ini kita betul-betul bisa melihat bersama-sama wajah baru Katedral, Gereja Katolik Kristus Raja Katedral di Kupang ini yang megah, yang indah, yang tertata rapi. Gereja bersejarah yang menjadi bagian dari keberadaan gereja katolik di kota Kupang," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi berpesan agar rumah ibadah yang baru saja dibangun ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah. Tetapi juga dapat digunakan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Menyediakan ruang-ruang untuk membangun dialog, mempererat persaudaraan, mempererat kerukunan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," tandasnya.
sinpo

Komentar: