Berlangsung Tertutup, KPU Rapat Bahas Teknis Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 06 Desember 2023 | 18:35 WIB
KPU RI menggelar rapat bersama ketiga tim kampanye pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) membahas teknis debat di Pilpres 2024. (SinPo.id/Anam)
KPU RI menggelar rapat bersama ketiga tim kampanye pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) membahas teknis debat di Pilpres 2024. (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat bersama ketiga tim kampanye pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) membahas teknis debat di Pilpres 2024.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua KPU RI, Hasyim Asyari di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat dan berlangsung secara tertutup.

"Hari ini kami melangkah lebih maju lagi, detail (depat capres-cawapres), setidaknya ada 5 hal (yang akan dibahas). Kita bahas bersama supaya dapat format yang pas sesuai peraturan perundang-undangan," kata Hasyim saat membuka rapat di KPU RI, Rabu, 6 Desember 2023.

Hasyim juga menanggapi polemik dimasyarakat terkait format debat yang menghadirkan seluruh capres dan cawapres pada setiap sesi debat. 

Menurut Hasyim, hal itu menjadi tolok ukur bahwa masyarakat memiliki kepedulian terhadap penyelenggaraan kampanye Pemilu 2024.

"Ada perdebatan kurang lebih satu minggu ini meramaikan perdebatan debat capres-cawapres; saya kira itu menarik. Kenapa? Lalu, semua orang jadi aware (peduli), semua orang jadi perhatian terhadap salah satu tahapan pemilu kita, yaitu kampanye, terkhusus metode debat," ujarnya.

Sebelumnya, KPU telah memutuskan bahwa seluruh kegiatan debat capres-cawapres akan disiarkan secara langsung di televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.

Debat pertama akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember dengan tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat kedua digelar pada 22 Desember dengan tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat ketiga diselenggarakan pada 7 Januari dengan tema ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak, infrastruktur, keuangan, dan pengelolaan APBN.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 dengan tema energi, sumber daya alam, pajak karbon, pangan, lingkungan hidup, dan agraria serta masyarakat adat.

Terakhir, debat kelima pada 4 Februari mengusung tema teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan.

Foto : KPU rapat bersama tim kampanye ketiga capres-cawapres bahas debat / anamsinpo

Komentar: