UNESCO Tetapkan Jamu Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 07 Desember 2023 | 19:49 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  UNESCO telah menetapkan Budaya Sehat Jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda yang meliputi ketrampilan tradisional dan nilai-nilai budaya yang terkait dengan obat-obatan alami tradisional yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah.

Sebagai metode pengobatan tradisional yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan kekebalan tubuh, UNESCO mencatat nilai budaya jamu sebagai salah satu sarana ekspresi budaya dan membangun koneksi antara manusia dengan semesta.

Menanggapi hal itu, Mendikbudristek Nadiem Makarim, menyatakan dirinya bangga dengan penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO. Karena sejak dahulu hingga kini, budaya jamu terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi, hingga menjadi bagian cara hidup di Indonesia.

"Indonesia akan terus melestarikan Jamu melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non formal, juga melalui penelitian, pengembangan, dan inovasi jamu," kata Nadiem, Kamis 7 Desember 2023.

Sementara Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Ismunandar, mengatakan proses penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai WBTB UNESCO merupakan upaya bersama yang didorong dari komunitas lokal yang difasilitasi oleh Pemerintah, dan keterlibatan masyarakat ini dinilai sangat positif oleh UNESCO.

"Saya berharap agar inskripsi Jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO ini dapat meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap Jamu, dan WBTB secara umum," kata Ismunandar.sinpo

Komentar: