Komisi V DPR Minta Sarpras Transportasi Umum Diperhatikan saat Nataru

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 08 Desember 2023 | 07:29 WIB
DPR RI
DPR RI

SinPo.id -  Jumlah Penumpang Jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), diprediksi sekitar 4 juta orang atau 19 persen lebih tinggi dibangingkan dengan periode Nataru 2022 sebanyak 3,4 juta orang. Karena itu, faktor peningkatan keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran menjadi kunci utama suksesnya pelaksanaan mudik Nataru.

“Kami berharap para stakeholder untuk memberikan perhatian khusus terhadap Sarana dan Prasarana (Sarpras) transportasi umum kepada masyarakat, guna demi kenyamanan dan keselamatan pada libur natal dan tahun baru,” ungkap Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal kepada Parlementaria usai memimpin Kunjungan Kerja Reses Komisi V ke Medan, Sumatera Utara 6 Desember 2023

Ia melanjutkan dalam pertemuan tersebut bahwa persiapan infrastruktur, baik yang utama maupun penunjang, akan sangat berkaitan erat antara satu dengan lainnya. Selain itu, terkait fasilitas pelayanan yang memadai di Bandara menjadi hal yang wajib untuk mendukung kenyamanan penumpang selama di Bandara. Hal-hal yang perlu diperhatikan terkait fasilitas pelayanan di bandara dan stasiun yaitu, kebersihan toilet, ketersediaan kursi, pelayanan check-in dan bagasi, tempat parkir, serta fasilitas pendukung kenyamanan untuk penumpang disabilitas, ibu hamil, maupun penumpang yang membawa anak.

Potensi perjalanan pada libur Nataru 2023/2024 akan naik signifikan dibandingkan libur Nataru 2022/2023

“Di mana Provinsi Sumatera Utara ini merupakan salah satu daerah tujuan dan lintasan utama dalam Nataru 2023/2024, Persiapan khususnya perlu dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadinya penumpukan kendaraan maupun penumpang akibat tidak memadainya sarana prasarana transportasi dan fasilitas penunjang lainnya,” " ungkap Politisi PPP ini. 

Selain itu, perbaikan di sektor infrastruktur di Sumatera Utara menjadi kunci peningkatan kunjungan ke destinasi wisata. Sehingga, perlu pengembangan aksesbilitas menuju destinasi wisata yang perlu diperhatikan agar masyarakat dapat mengakses tempat-tempat tersebut dengan nyaman.

Diketahui, pergerakan pada masa Natal dan Tahun baru diperkirakan akan di dominasi oleh kendaraan pribadi, yaitu mobil 35,57 persen (39,97 juta orang) dan sepeda motor 17,92 persen (20,14 juta orang).

Dalam kesempatan kunjungan kerja ini, Komisi V DPR RI juga melakukan peninjauan ke beberapa titik yakni ke Bandara Kualanamu Medan, peninjauan Stasiun Kereta Api Medan. Menurutnya, potensi perjalanan pada libur Nataru 2023/2024 naik signifikan dibandingkan libur Nataru 2022/2023.

“Kami berharap Pemerintah dan operator transportasi untuk mengatisipasi kenaikan tarif moda transportasi yang tidak wajar maupun keterlambatan (delay). Dengan itu perlu untuk meningkatkan komunikasi efektif dan massif kepada pengunan jasa trasnportasi darat, udara, laut untuk mengedepankan teknologi informasi yang real time,” tutupnya.sinpo

Komentar: