Telepon Netanyahu, PM Inggris Ungkapkan Kekecewaan Gagalnya Jeda Perang di Gaza

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 10 Desember 2023 | 21:57 WIB
Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak (SinPo.id/AFP)
Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak bercakap dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melalui telepon. Keduanya membahas gagalnya jeda kemanusiaan dalam konflik di Gaza.

Sunak menyampaikan kekecewaannya atas gagalnya jeda pertempuran di Gaza, yang memungkinkan pembebasan sandera, menurut sebuah pernyataan tertulis.

“Para pemimpin negara membahas upaya mendesak untuk memastikan semua sandera yang tersisa dibebaskan dengan aman dan mengizinkan warga Inggris yang tersisa di Gaza untuk meninggalkan Gaza,” kata Sunak dikutip dari laman Anadolu, Minggu, 10 Desember 2023.

Sunak menekankan pentingnya Israel memprioritaskan perlindungan warga sipil di Gaza dan berkonsentrasi pada sasaran militer.

Menekankan betapa mendesaknya kebutuhan warga sipil, Sunak memperbarui tawaran dukungan praktis dari Inggris untuk memfasilitasi pengiriman bantuan penyelamatan jiwa.

“Dia mencatat adanya tekanan di titik penyeberangan Rafah dan mendesak perlunya menjajaki rute lain ke Gaza, termasuk melalui Kerem Shalom,” ungkap pernyataan tersebut.

“Para pemimpin menyampaikan keprihatinan mereka tentang meningkatnya serangan militan Houthi, yang didukung oleh Iran, terhadap kapal-kapal pelayaran di Laut Merah,” tambah pernyataan itu.sinpo

Komentar: