Survei LSI: Ganjar-Mahfud Paling Berpotensi Lakukan Kecurangan Pemilu

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 11 Desember 2023 | 09:05 WIB
Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan. (SinPo.id/Antara)
Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id -  Survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, paling berpotensi melakukan kecurangan di Pemilu 2024.

Hasil itu dipaparkan LSI dalam paparan surveinya yang mengangkat tema ‘Debat Capres, Netralitas Pemilu dan Elektabilitas’ periode 3-5 Desember 2023.

"Berdasarkan survei Ganjar-Mahfud dinilai paling potensial melakukan kecurangan dengan persentase 20,6 persen; diikuti Prabowo-Gibran 14,4 persen; dan Anies-Muhaimin 5,4 persen. Sisanya sebanyak 59,6 persen menjawab tidak tahu," ungkap Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers secara virtual pada Minggu, 10 Desember 2023.

Djayadi juga mengungkapkan berdasarkan survei, sebanyak 50,2 persen masyarakat  yakin potensi terjadinya kecurangan pada Pemilu 2024 sangat besar. Potensi tersebut berasal dari 3 pihak yakni partai politik sebesar 17,1 persen; tim sukses capres dan cawapres 15,9 persen; serta penyelenggara pemilu 13,6 persen.

Sedangkan potensi kecurangan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dinilai hanya sebesar 2,3 persen,  dan yang dilakukan oleh calon presiden atau wakil presiden sebesar 4,2 persen. Pihak lainnya yang potensial melakukan kecurangan adalah pemerintah daerah 4 persen; dan pemerintah pusat sebesar 2,9 persen.

Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan melibatkan sebanyak 1.426 responden. Wawancara dilakukan lewat telepon oleh pewawancara terlatih.

Margin of error diklaim sebesar sekitar 2,6 perse pada tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling.sinpo

Komentar: