Jokowi Resmikan Stasiun Pompa Air Sentiong, Kurangi Banjir Jakarta Hingga 62 Persen

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 11 Desember 2023 | 16:28 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan stasiun pompa air Ancol Sentiong, Jakarta Utara. Stasiun pompa air ini menjadi salah satu insfrastruktur pengendali banjir di Jakarta.

Jokowi berharap kehadiran Stasiun Pompa Air yang menelan biaya Rp481 miliar ini dapat mengurangi banjir hingga 62 persen di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

"Kemudian hari ini telah selesai Stasiun Pompa Air Sentoing di Ancol yang menelan biaya Rp481 miliar, kita harapkan dengan selesainya di hulu, di tengah, di hilir, kita harapkan banjir di Jakarta bisa berkurang 62 persen," kata Jokowi saat persemian di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Mantan Walikota Solo itu mengungkapkan, stasiun pompa ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Selain itu, stasiun pompa ini juga diharapkan dapat mengurangi banjir hingga di tujuh kecamatan di Jakarta.

"Kita harapkan stasiun pompa ini akan mengurangi banjir di 7 kecamatan di DKI," terangnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengaku bahwa pemerintah pusat tetap berkomitmen untuk melakukan penanganan banjir di Ibu Kota, salah satunya melalui penyelesaian bendungan Ciawi dan bendungan Sukamahi hingga Sodetan Ciliwung. 

"Kita tahu di hulu telah kita selesaikan dua bendungan, bendungan Ciawi dan bendungan Sukamahi, ini sangat mengurangi banjir yang ada di Jakarta,” tandasnya.sinpo

Komentar: