'Skak Mat' Anies, Prabowo: Kalau Demokrasi Buruk, Enggak Mungkin Anda Jadi Gubernur!

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 12 Desember 2023 | 21:58 WIB
Prabowo memberikan pandangannya dalam debat (Sinpo.id/Reuters)
Prabowo memberikan pandangannya dalam debat (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menyentil Anies Baswedan yang menyebut demokrasi di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tidak baik. Pernyataan Anies soal kondisi demokrasi Indonesia sekarang berlebihan.

Dalam debat capres dan cawapres yang digelar KPU, Anies menyebut kebebasan bicara masyarakat sudah menurun. Bahkan, Anies menyatakan indeks demokrasi Indonesia merosot. Masyarakat disebut tidak bisa mengkritik pemerintah hingga partai politik (parpol).

"Mas Anies, Mas Anies, saya berpendapat Mas Anies ini agak berlebihan," kata Prabowo menanggapi pernyataan Anies di debat capres dan cawapres KPU, di Kantor KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Prabowo mengingatkan jika Anies terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta di era Presiden Jokowi. Saat itu, Anies yang diusung Prabowo masih berada di luar pemerintahan atau oposisi.

"Mas Anies mengeluh tentang demokrasi ini dan itu dan ini, Mas Anies dipilih jadi Gubernur DKI menghadapi pemerintah yang berkuasa, saya yang mengusung Bapak," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan Anies tidak mungkin terpilih menjadi Gubernur jika memang demokrasi di era Jokowi tidak baik. Terpilihnya Anies sebagai orang nomor satu di DKI adalah bukti berjalannya demokrasi di Indonesia.

"Kalau demokrasi kita tidak berjalan tidak mungkin anda jadi Gubernur, kalau Jokowi diktator anda tidak mungkin menjadi Gubernur, saya waktu oposisi Mas Anies, anda ke rumah saya kita oposisi, anda terpilih," tegasnya.sinpo

Komentar: