Ketua Umum PSSI: Prabowo Bukan Figur Karbitan, Tapi Niat Bangun Sepak Bola

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 15 Desember 2023 | 02:38 WIB
Menpora Dito Ariotedjo, Ketua Dewan Pembina Akademi Garudayaksa Prabowo Subianto dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di pembukaan turnamen Nusantara Open 2023. (SinPo.id/Antara)
Menpora Dito Ariotedjo, Ketua Dewan Pembina Akademi Garudayaksa Prabowo Subianto dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di pembukaan turnamen Nusantara Open 2023. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengungkapkan bahwa Ketua Dewan Pembina Akademi Garudayaksa Prabowo Subianto bukan merupakan figur karbitan tapi memang punya niat besar membangun sepak bola.

Hal tersebut disampaikan oleh Erick Thohir saat peresmian komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa dan pembukaan turnamen Nusantara Open 2023 yang berlangsung di Jalan Cisaat, Setu, Bekasi pada Kamis, 14 Desember 2023.

"Pak Prabowo ketika melihat sepak bola Indonesia bukan figur karbitan atau ada niat udang di balik batu, tapi beliau sampaikan cinta sepak bola (Indonesia), beliau sampaikan kepada saya dan banyak yang tidak tahu bahwa saat sekolah menjadi kapten (sepak bola). Artinya ada ketulusan untuk berinvestasi di sepak bola Indonesia. Seperti kita lihat hari ini pembangunan pusat latihan Garudayaksa yang saya bilang termegah di Indonesia," kata Erick.

Menteri BUMN tersebut sangat terbuka dengan pengembangan akademi karena menurutnya transformasi sepak bola Indonesia tidak mungkin bisa dilakukan kalau tidak ada kerja keras bersama dari semua pemangku kepentingan.

"Transformasi sepak bola Indonesia tidak mungkin (bisa dilakukan) kalau tidak ada kerja keras bersama dari semua pemangku kepentingan. Pemerintah hadir, PSSI yang terbuka, tentu yang tidak kalah penting dari pemangku kepentingan, individu atau dari sektor privat," ungkap Erick yang juga merupakan mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Ketua Dewan Pembina Akademi Garudayaksa Prabowo Subianto berharap akademi sepak bola Garudayaksa dapat memunculkan potensi pesepak bola karena dibuka secara umum.

"Akademi Garudayaksa terbuka untuk umum. Terutama (ada) pilihan, kami (mengadakan) pembibitan, melalui proses seleksi daerah yang terbaik kami sekolahkan di sini. Tapi tentunya fasilitas ini bisa dipakai oleh tim-tim, ya kami juga terbuka (untuk umum)," kata Ketua Dewan Pembina Akademi Garudayaksa Prabowo Subianto.

Prabowo mengungkapkan sepak bola merupakan salah satu simbol bangsa Indonesia, oleh sebab itu tim Garuda harus punya tekad yang besar untuk bisa ke Piala Dunia.

"Sepak bola adalah lambang, simbol bangsa, Indonesia harus punya tekad, dan dengan begitu bisa ke Piala Dunia," ungkap Prabowo yang juga merupakan Menteri Pertahanan tersebut.sinpo

Komentar: