Puan Harap Indonesia-Vatikan dapat Perkuat Kerja Sama untuk Perdamaian Dunia

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 19 Desember 2023 | 16:06 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat bertemu Paus Fransiskus (SinPo.id/Instagram)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat bertemu Paus Fransiskus (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani, berharap Indonesia dan Vatikan dapat memperkuat kerja sama, khususnya dalam isu perdamaian dunia. Hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan dengan Paus Fransiskus di Vatikan.

Menurutnya, antar umat beragama harus terus memperbesar rasa persaudaraan, terutama dalam menghadapi krisis kemanusiaan akibat perang yang masih saja terjadi dan telah merenggut banyak korban jiwa. 

"Paus Fransiskus juga tadi menyampaikan pesan agar sesama umat manusia harus menjaga perdamaian dan kerukunan umat beragama untuk dunia saat sekarang dan di masa depan harus tetap menjaga perdamaian," kata Puan, dalam keterangan persnya, Selasa 19 Desember 2023.

"Indonesia dan Vatikan harus menjadi pendorong positif perdamaian di dunia,  penyelesaian perang dan konflik di berbagai wilayah dunia," sambungnya.

Berkaitan dengan isu perdamaian dunia tersebut, Puan juga berbicara mengenai konflik antara Israel dan Palestina yang masih berlangsung. Ia kemudian mengajak Vatikan untuk bersama Indonesia mendorong terciptanya perdamaian di wilayah tersebut.

Bahkan Puan mengajak Vatikan untuk mendorong implementasi segera gencatan senjata di Gaza, dan menggalang dukungan agar akses bagi bantuan kemanusiaan dapat masuk ke wilayah Gaza tanpa hambatan.

"Selain itu akar permasalahan perlu diselesaikan yaitu memberi kemerdekaan penuh Palestina. Kita juga perlu mendorong implementasi solusi dua negara (two state solution)," paparnya.sinpo

Komentar: