DPR akan Intensifkan Upaya Pembentukan Forum 'Indonesia-Africa Parliamentary Partnership'

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 20 Desember 2023 | 21:21 WIB
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana. (SinPo.id/Dok. BKSAP DPR RI)
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana. (SinPo.id/Dok. BKSAP DPR RI)

SinPo.id - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana, mengatakan pihaknya akan terus mengintensifkan upaya pembentukan forum Indonesia-Africa Parliamentary Partnership.

"Mudah-mudahan tahun depan kita bisa inisiasi, tapi paling tidak pada periode (DPR RI) ke depan 2024-2029 inisiatif ini dari Parlemen bisa kita lakukan," kata Putu dikutip pada Rabu, 20 Desember 2023.

"Juga memang semangatnya jelas, di tahun 1955 ada Konferensi Asia-Afrika. Jadi artinya semangat itu kita harus implementasikan menghubungkan kedua negara dan rakyatnya melalui parlemen ya itu tadi Indonesia-Africa Parliamentary Partnership," sambungnya.

Menanggapi usulan itu, Ketua Dewan Nasional Namibia Lukas Sinimbo Muha, menyampaikan mengapresiasinya dan mengatakan bahwa inisiasi tersebut merupakan ide brilian dalam upaya untuk menjalin kerja sama dan saling belajar antar negara.

Karena, menurutnya, hubungan Afrika-Indonesia melalui konferensi tingkat tinggi adalah sebuah langkah untuk merangkul, dan sangat penting untuk memperkuat kerja sama. Sehingga diharapkan forum tersebut sudah dapat terbentuk pada 2024 mendatang.

"Ini akan memberikan kesempatan pada kita memperkuat hubungan yang telah dibangun Indonesia selama bertahun-tahun dengan negara-negara Afrika," ungkap Lukas.sinpo

Komentar: