KPU: Gibran Akan Buka Sesi Debat Cawapres Malam Ini

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 22 Desember 2023 | 10:59 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, mengatakan sesi debat calon wakil presiden (Cawapres) malam ini, akan dibuka oleh pasangan Capres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Pasalnya, pada debat pertama Capres kemarin telah dibuka oleh nomor urut 1.

"Maka debat kedua dari cawapres dimulai nomor urut 02, debat selanjutnya akan dari nomor urut 03 dan seterusnya," kata Hasyim, dikutip Jumat 22 Desember 2023.

Sementara teknis penyelenggaraan debat akan sama seperti debat Capres pada 12 Desember lalu, yang dibagi dalam enam segmen, dan berlangsung selama 150 menit dengan rincian 120 full debat dan 30 menit jeda iklan.

Pada segmen pertama, moderator akan terlebih dahulu menyampaikan tata tertib debat yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian visi-misi debat oleh masing-masing cawapres dalam waktu dua menit.

Pada segmen kedua dan ketiga, akan ada pendalaman visi-misi program kerja berupa pertanyaan yang diajukan oleh tim panelis, dan disampaikan oleh moderator, untuk nantinya dipaparkan oleh masing-masing Cawapres.

Pada segmen empat dan lima, setiap Cawapres akan mengajukan pertanyaan ke Cawapres lain. Lalu pada segmen keenam, masing-masing Cawapres akan diminta untuk membuat closing statement terkait debat tersebut.

Seperti diketahui, debat Cawapres akan digelar hari ini Jumat 22 Desember 2023, di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat pada pukul 19.00 WIB, dan akan disiarkan secara langsung di televisi.

Debat juga akan dihadiri oleh masing-masing pendukung Cawapres yang akan beradu gagasan di hadapan seluruh masyarakat Indonesia.sinpo

Komentar: