2.000 Pos Kesehatan dan 15 Ribu Tenaga Kesehatan Disiapkan Selama Libur Nataru

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 25 Desember 2023 | 05:12 WIB
Kementerian Kesehatan
Kementerian Kesehatan

SinPo.id -  Kementerian Kesehatan menyiapkan 2.000 pos pelayanan kesehatan dan 15.000 tenaga kesehatan (nakes) selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Perkirakan akan adanya pergerakan sekitar 100 juta masyarakat Indonesia ke beberapa kota saat momentum nataru.

“Jadi kita sudah mempersiapkan diri dengan mendirikan lebih dari 2.000 pos pelayanan, ada 15.000 orang yang kita siapkan di semua titik-titik yang kritis,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin pada Sabtu 23 Desember 2023.

Titik-titik kritis tersebut di antaranya adalah pusat transportasi massal seperti stasiun, bandara, hingga pelabuhan. Sejumlah ruas jalan tol juga menjadi sasaran pihaknya. Adanya sejumlah pos pelayanan kesehatan tersebut, Budi berharap agar masyarakat yang sewaktu-waktu membutuhkan pelayanan kesehatan bisa ditangani dengan baik.

“Jadi di jalan tol, di stasiun-stasiun kereta api, juga di bandara-bandara udara, juga di pelabuhan-pelabuhan, tempat di mana terjadi pergerakan masif dari masyarakat kita. Kami berharap kalau misalnya ada masalah kesehatan, jadinya kita bisa merespons dengan baik,” sambungnya.

Hal ini juga dilakukan seiring dengan tren peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia. Kendati demikian, Budi mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 saat ini masih terkendali.sinpo

Komentar: