Film '13 Bom di Jakarta' Ada Adegan Ledakan Terbesar di Indonesia

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 27 Desember 2023 | 03:44 WIB
13 bom di Jakarta
13 bom di Jakarta

SinPo.id -  Film action Indonesia terbesar tahun ini yang berjudul '13 Bom di Jakarta' berisi proses pengambilan adegan berbahaya yakni adegan truk berisi uang yang meledak hingga terbalik. 

Pasalnya, pengambilan gambar dilakukan di tengah jalan umum, di antara bangunan yang berimpitan memiliki tantangan tersendiri. 

Rio Dewanto, aktor yang memerankan sosok teroris bernama Arok, salah satu tokoh penting dalam film ini, menganggap adegan tersebut merupakan salah satu adegan ledakan terbesar yang pernah ada di Indonesia. 

"Dengan adanya adegan itu, film ini menjadi salah satu film dengan adegan practical scene ledakan terbesar di Indonesia yang pernah ada," tutur Rio dalam keterangannya, Selasa, 26 Desember 2023.

Sementara itu, Angga Dwimas Sasongko sebagai sutradara film ini mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengambilan gambar adegan berbahaya tersebut. Hal itu, lantaran melakukan riset yang  demi mendapat gambar yang memuaskan. 

 

"Adegan ledakan truk uang itu risetnya lama banget. Tim SFX, tim production design, dan tim art ngedesain semuanya, dari mobil sampai piston (pengisap dalam

mesin), dan kami selalu ngutamain safety first," ucap Dwimas.

 

"Saya membayangkan kalau ada RPG atau

basoka menghantam bawah mobil, daya dari ledakan itu akan membuat mobil terpelentang. Yang gila, kita cuma punya satu kesempatan, one take only chance. Dan berhasil," sambung dia. 

 

Sebagai informasi, video BTS yang menampilkan proses pengambilan gambar ledakan truk uang tersebut kini bisa

disaksikan di kanal Youtube Visinema Pictures. 

 

Dalam video berdurasi 4 menit itu, ledakan

hadir setelah hitungan mundur, disusul oleh kobaran api yang muncul sesuai titik dalam

kalkulasi waktu yang tepat, didapat dari hasil riset. Semua itu menghasilkan adegan

mencengangkan yang siap memukau seluruh penonton Indonesia. 

 sinpo

Komentar: