Anies Ajak HMI Ambil Peran Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Adil

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 27 Desember 2023 | 16:54 WIB
Capres Anies Baswedan (SinPo.id/ Zikri Maulana)
Capres Anies Baswedan (SinPo.id/ Zikri Maulana)

SinPo.id - Calon presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan, mengajak seluruh Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (KB-HMI) untuk mengambil peran dalam memastikan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan adil.

Pasalnya, ia menemukan banyak kekhawatiran di berbagai tempat terkait penyelenggaraan Pemilu mendatang. Padahal menurutnya, kekhawatiran tersebut tidak pernah ada sebelumnya dalam penyelenggaran Pemilu selama ini. 

"Untuk pertama kalinya kita menemukan keluhan di berbagai tempat, menemukan kekhawatiran di berbagai tempat. Akankah pemilu diselenggarakan dengan jujur? Akankah pemilu diselenggarakan dengan adil?" kata Anies, di acara Deklarasi dukungan dari KB HMI, Rabu 27 Desember 2023.

"Kekhawatiran-kekhawatiran seperti itu sebelumnya tidak pernah ada. Tapi itu sesungguhnya panggilan tugas sebagai semua alumni pergerakan mahasiswa. Kita harus kembali ambil tanggung jawab," sambungnya.

Selain itu, Anies juga mengatakan bahwa belakangan ini Indonesia didominasi oleh kekuatan-kekuatan non-gagasan, baik itu kerakyatan, pemerataan, maupun keadilan. Sehingga hal itu menjadi sebuah tantangan yang unik jika dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya.

"Ini adalah arus dominan yang terjadi, karena itulah ikhtiar melakukan perubahan di periode 2024 ini menemukan tantangan yang agak unik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya," tandasnya.sinpo

Komentar: