Jokowi Serukan Jaga Toleransi Jelang Pemilu 2024

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 28 Desember 2023 | 01:36 WIB
Presiden Jokowi/ setpres
Presiden Jokowi/ setpres

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Nginden Surabaya, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, ia memberikan pesan mengenai pentingnya menjaga toleransi saat Pemilu 2024.

Awalnya, Jokowi memberikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani di seluruh tanah air dan yang berada di luar negeri.

"Pertama-tama umat Kristiani di seluruh pelosok Indonesia, juga saudara-saudara kita umat Kristiani yang tinggal di luar negeri saya mengucapkan selamat Natal. Semoga kehangatan Natal memenuhi hati kita dengan penuh suka cita, damai dan sejahtera," kata Jokowi mengawali pidatonya, Sabtu, 27 Desember 2023.

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyinggung tahun politik. Jokowi berpesan agar terus menjaga perdamaian meski terdapat perbedaan pilihan.

"Sebentar lagi kita akan menyelenggarakan pemilu memilih anggota legislatif, memilih presiden dan wakil presiden, tetapi kita harus terus menjaga toleransi, menjaga persatuan perdamaian," ujarnya.

Jokowi mengatakan, perbedaan pilihan politik merupakan hal wajar dalam  demokrasi. Akan tetapi, perbedaan itu akan kembali dipersatukan dengan tujuan bersama yang lebih mulia untuk kemajuan Indonesia.

"Kita dipersatukan oleh kepentingan yang lebih mulia, yaitu menjaga persatuan, kesatuan, perdamaian, kegotongroyongan, kepentingan kemanusiaan, serta memajukan negara yang kita cintai ini, negara Indonesia," paparnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan, Indonesia merupakan negara besar dan beragam dengan banyak suku hingga bahasa. Ia pun berencana mengunjungi seluruh pulau yang ada di sisa masa jabatannya sebagai presiden.

"Perlu saya ingatkan, negara kita ini negara besar, memiliki 714 suku dan lebih dari 1.300 bahasa daerah. Betapa kita itu sangat-sangat beragam," ucap Jokowi.

"Saya bisa berbicara seperti ini karena hampir 85 persen daerah di seluruh tanah air, sudah saya kunjungi, kurang 15 persen. Akan saya selesiakan di 2024," tandasnya.sinpo

Komentar: