4.720 Wisatawan Kunjungi Kampung Jepang Pulau Untung Jawa

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 28 Desember 2023 | 05:24 WIB
Pulau Untung Jawa (Lionmag)
Pulau Untung Jawa (Lionmag)

SinPo.id -  4.720 wisatawan lokal dan mancanegara tercatat telah mengunjungi destinasi wisata Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan sepanjang musim libur Natal 2023. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Puja Berhias Pulau Untung Jawa, Rusli mengatakan, wisatawan mulai berdatangan sejak 23-26 Desember 2023 dan mengalami lonjakan dengan jumlah 1.971 orang pada Senin 25 Desember 2023

"Mayoritas wisatawan domestik. Mereka datang dari pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara dan Tanjung Pasir, Tangerang," ujarnya, Rabu 27 Desember 2023.

Menurut Rusli, Pulau Untung Jawa masih menjadi favorit wisatawan, karena lokasinya tidak jauh dengan daratan dan tersedia moda transportasi yang terjangkau. Selain itu juga banyak wahana permainan dan pantai yang bisa dinikmati wisatawan.

"Biasanya wisatawan mengunjungi Pantai Arsa, Pantai Sakura di Kampung Jepang, Jembatan Pengantin dan Laguna Mangrove. Bahkan ada yang menikmati water sport banana boat, donat boat, sepeda air dan snorkeling di Taman Nemo," terangnya.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan menambahkan, banyaknua wisatawan yang berkunjung menjadi momen bangkitnya pariwisata di wilayah ini.

Pihaknya juga terus berupaya  melakukan penataan kawasan di Pulau Wisata lainnya agar Kepulauan Seribu semakin mendunia.

"Kami mencatat ada 16.213 wisatawan ke Kepulauan Seribu selama empat hari lalu. Ini artinya Kepulauan Seribu semakin dikenal masyarakat luas," tegasnya.

Sonti menjelaskan, para wisatawan tersebut datang dari Pelabuhan Muara Angke, Marina Ancol, Tanjung Pasir dan Rawasaban. Angka wisatawan diprediksi akan melonjak saat pergantian tahun baru nanti.

"Kami bersama petugas gabungan terus melakukan pengamanan agar wisatawan yang berlibur makin nyaman dan aman," tandasnya.sinpo

Komentar: