Jokowi Diharap Tunjuk Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK Definitif

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 30 Desember 2023 | 16:09 WIB
Presiden Jokowi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara (SinPo.id/ Setkab)
Presiden Jokowi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Nawawi Pomolango menjadi ketua definitif pengganti Firli Bahuri di kursi pimpinan tertinggi KPK. 

"Saya mengusulkan Nawawi Pomolango, Ketua KPK sementara saat ini, pantas menjadi ketua definitif dari sisi kemampuan, senioritas, dan rekam jejaknya yang tidak bermasalah atau kontroversial," ujar Yudi dalam keterangannya, Sabtu, 30 Desember 2023.

Nantinya, kata Yudi, pengganti Firli yang ditunjuk Jokowi lebih baik melanjutkan posisi sebagai Wakil Ketua KPK, bukan posisi Ketua KPK.

"Pengganti Firli bukan otomatis sebagai ketua, tetapi pimpinan anggota, pemilihan Ketua KPK definitif dirasa penting agar roda organisasi KPK pulih," tuturnya. 

Menurut Yudi, siapa pun yang akan dipilih menjadi komisioner KPK memiliki empat kriteria. Pertama, tidak mempunyai rekam jejak yang kontroversial. Kedua, mampu bekerja sama dengan pimpinan KPK lainnya.

"Ketiga, tidak mau diintervensi oleh siapa pun dan dengan cara apa pun. Keempat, dia juga wajib mematuhi kode etik yang ada di KPK, termasuk tidak bertemu dengan pihak-pihak yang terkait perkara," ucapnya.

"Satu orang pimpinan yang baru ini mempunyai tugas mengembalikan kepercayaan KPK dan yang tidak menjadi bagian dari masalah ketika berada di KPK," sambungnya. sinpo

Komentar: