Resmikan Titik Air di Sukabumi, Prabowo Minta Warga Merawat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 30 Desember 2023 | 18:54 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat resmikan sumber air di Sukabumi (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Menhan Prabowo Subianto saat resmikan sumber air di Sukabumi (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan dan menyerahkan proyek bantuan air bersih di lima titik di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar). Warga diminta merawat segala prasarana sehingga air dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Saya titip pesan supaya segala prasarana yang sudah dibantu, diberikan, agar dijaga dirawat supaya gunanya, manfaatnya bisa lebih lama lagi," kata Prabowo di hadapan para warga di Desa Karanganyar Kecamatan Jampang Kulon, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 30 Desember 2023.

"Kemudian yang terakhir saya titip bahwa air ini sangat penting. Untuk itu air harus dihemat, jangan dibiarkan terbuang-buang atau sia-sia tidak dimanfaatkan," timpal dia.

Prabowo mengatakan pihaknya sedang mengembangkan proyek-proyek percontohan untuk mendaur ulang air. Dia meminta kerja sama warga agar membangun penampungan air agar bisa kembali dimanfaatkan.

"Saya kira dari saya itu, nanti kita juga akan berusaha membuat proyek-proyek percontohan bagaimana air bisa didaur ulang, air dipakai kemudian air dibersihkan kemudian dipakai lagi, dan seterusnya," ucap dia.

Menurutnya, di tiap dusun, tiap desa, perlu membuat umbung-umbung. Termasuk, kolam-kolam untuk menampung air pada saat musim hujan.

"Hujannya banyak ditampung kemudian bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam, untuk pelihara mungkin kolam ikan juga untuk pengairan dan sebagainya," kata Prabowo.

Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama membangun sumber air dan pipanisasi tersebut. Dia menginginkan hal ini dapat mendongkrak produksi pangan di banyak daerah.

"Kita ingin meningkatkan produksi-produksi pangan produksi pertanian dari segala bentuk. Kita mungkin akan dibagi benih-benih untuk buah-buahan, sayuran dan semua produk pangan. Kita harapkan semua rakyat bisa meningkatkan hasilnya dari segi produksi pangan," lanjut dia.

Dalam peresmian itu, turut hadir Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Sumantha; Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Jonni Mahroza; Dekan Fakultas Logistik Militer Laksma TNI Agus Adrianto; Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas Unhan Marsma TNI Soni Astaryadi; Bupati Sukabumi Marwan Hamami; dan Kepala Desa Karanganyar Nandi Sunandi.

Berikut sejumlah titik air bersih yang diresmikan di Sukabumi:

1. Desa Karanganyar Dusun Lembur Jami dan Cimala Kecamatan Jampang Kulon (600 KK)

2. Desa Karanganyar Dusun Ngluwung Kecamatan Jampang Kulon (315 KK)

3. Desa Karangmekar Kecamatan Cimanggu (Pesantren 300 santri dan 150 KK Masyarakat)

4. Kampung Pasir Batok Desa Purabaya Kecamatan Purabaya (112 KK)

5. Desa Citamiang Kecamatan Purabaya (300 KK).sinpo

Komentar: