Projo Yakin Prabowo Kuasai Materi dalam Debat Capres Ketiga pada 7 Januari 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 04 Januari 2024 | 19:29 WIB
Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto. (SinPo.id/Tim Media)
Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto. (SinPo.id/Tim Media)

SinPo.id - DPP Projo menegaskan jika calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto sangat siap mengikuti debat capres yang akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu, 7 Januari 2024.

"Prabowo sangat menguasai sektor pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, juga geopolitik," kata Bendahara DPP Projo yang juga Wakil Ketua TKN, Panel Barus, Kamis, 4 Januari 2024.

Panel mengatakan, mantan Danjen Kopasus yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan telah membuktikan kinerja yang sangat prima. 

"Di bawah kepemimpinan Prabowo, industri pertahanan kita mengalami kemajuan. PT Dirgantara Indonesia, misalnya, mampu meningkatkan kapasitas produksi pesawat CN-235 dari hanya 2-3 unit menjadi 8 unit pesawat setiap tahunnya," ungkap dia. 

Menurut Panel, Prabowo mampu membuktikan kepiawaiannya di sektor pertahanan dan keamanan, utamanya industri pertahanan. Peningkatan kapasitas produksi pesawat itu dinilai sejalan dengan meningkatnya permintaan pesawat CN-235 dari berbagai negara.

Kinerja Prabowo di sektor pertahanan dan keamanan juga telah diakui negara lain. Buktinya, lanjut Panel, sejumlah negara telah menjalin kerjasama pengiriman perwira dan bintara untuk mengikuti pelatihan di Indonesia.

"Prabowo sangat berpengalaman di sektor pertahanan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Jadi apa yang akan disampaikan capres nomor urut 02 nanti bukan sekedar janji, tapi sudah teruji dan terbukti," katanya.

Prabowo, kata dia, akan menjadikan politik bebas aktif sebagai fondasi utama gagasan kebijakan politik luar negeri yang ditawarkan. Kebijakan tetangga baik (good neighbor policy) yang berpusat pada prinsip non-intervensi juga akan diterapkan Prabowo-Gibran. 

"Prabowo-Gibran nantinya tidak akan mengganggu dan ikut campur dalam urusan domestik negara lain. Prabowo-Gibran bakal menjaga posisi Indonesia untuk berada di tengah untuk menjaga stabilitas geopolitik kawasan. Ini penting agar Indonesia tidak terjebak dalam konflik maupun ketegangan negara lain," paparnya.

Menurut dia, kebijakan tersebut merupakan penerapan dari prinsip bebas aktif yang selama ini menjadi sikap politik luar negeri bangsa Indonesia

"Smart diplomacy juga akan diterapkan Prabowo-Gibran dalam menghadapi berbagai tantangan geopolitik di masa mendatang," katanya.

Sebagai informasi, debat capres yang diselenggarakan KPU berdurasi 150 menit, yang dialokasikan 120 menit debat capres dan 30 menit jeda iklan. Dalam 120 menit waktu debat, KPU membagi ke dalam 6 segmen. 

Hingga kini, KPU belum menginformasikan lokasi debat capres. Namun demikian, debat capres akan disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi nasional.sinpo

Komentar: