Cak Imin Protes Dua Panelis Debat dari Unhan, KPU: Mereka Punya Integritas

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 05 Januari 2024 | 23:16 WIB
Gedung KPU RI (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Gedung KPU RI (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari meyakini 11 panelis memiliki integritas dan kapasitas akademik yang mumpuni dalam menyusun pertanyaan untuk para calon presiden (capres) pada debat ketiga Pilpres 2024.

Pernyataan Hasyim ini merespon protes dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang meminta dua panelis dari Universitas Pertahanan (Unhan) diganti.

Cak Imin merasa objektivitas keduanya diragukan karena capres nomor urut dua, Prabowo Subianto merupakan Menteri Pertahan (Menhan) yang notabene membawahi Unhan.

"Panelis bisa dari berbagai macam sumber atau kelembagaan, tetapi kami meyakini bahwa beliau-beliau ini mempunyai kapasitas dan integritas akademik yang dijaga atau dipertahankan," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Januari 2023.

Hasyim mengatakan, terkait pemilihan kesebelas panelis tersebut, KPU juga sudah membahasnya bersama dengan perwakilan masing-masing tim pasangan calon dan televisi penayang debat.

"Kita meyakini semua punya integritas para panelis itu. Toh nanti apapun yang ditulis oleh panelis, pertanyaan, itu ada 18 pertanyaan, dan sebagaimana debat pertama dan kedua, itu mekanisme undi secara bertingkat," ujar Hasyim.

Sebagai informasi ada 11 nama panelis pada debat ketiga Pilpres 2024 yang telah ditetapkan KPU RI. Dua diantaranya berasal dari Unhan.

Kedua panelis itu yakni Pakar Keamanan Universitas Pertahanan Dr. Kusnanto Anggoro dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio.

Debat ketiga ini bakal berlangsung di Istora Senayan pada Minggu, 7 Januari 2024. Debat kali ini bakal mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.sinpo

Komentar: