TKN: Prabowo-Gibran Siap Ikuti Semua Format Debat KPU

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 15 Januari 2024 | 12:26 WIB
Prabowo-Gibran tampil di acara debat capres (Sinpo.id/Ashar)
Prabowo-Gibran tampil di acara debat capres (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran tak masalah jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) enggan mengubah format debat keempat Pilpres 2024. Capres dan cawapres nomor urut 2 siap mengikuti format debat yang ditetapkan KPU.

"Kami enggak ada masalah dengan format yang lama, selama ini yang rewel kan bukan kami. Tetapi kami juga tidak keberatan apabila ada usulan perubahan format," ucap Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman, Minggu, 14 Januari 2024.

Menurutnya, pasangan Prabowo-Gibran mendapat keuntungan dari tiga format debat yang sudah dijalankan.

"Sejauh ini tiga kali debat telah mendatangkan keuntungan yang sangat signifikan bagi peningkatan elektabilitas Paslon kami," katanya.

Di siai lain, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menyinggung soal tindakan dari pendukung pasangan calon (paslon) yang provokatif. Baginya, sikap mengganggu itu perlu ditertibkan.

"Tinggal yang perlu ditertibkan adalah para pendukung agar tidak melakukan provokasi seperti dilakukan pendukung paslon tiga kemarin," katanya.

Habiburokhman mencontohkan tindakan provokatif yang terjadi pada debat ketiga. Dia menilai wajar jika TKN memprotes pendukung yang melakukan provokasi.

"Mereka mengangkat tangan dengan simbol tiga jari ketika capres kami berbicara. Menurut pendapat kami tindakan mereka sungguh sangat tidak beretika," katanya.

Sebelumnya, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan debat keempat Pilpres 2024 akan tetap menggunakan format yang sama seperti pada debat pertama hingga ketiga. Debat keempat yang dikhusukan bagi cawapres akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024.

"Kalau skema yang dilaksanakan oleh KPU sepanjang debat pertama, kedua dan ketiga itulah skemanya, tidak mengalami perubahan," kata Mellaz dalam keterangannya.

sinpo

Komentar: