Jokowi Singgung Minimnya Mahasiswa Indonesia Kuliah di AS

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 15 Januari 2024 | 13:26 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) singgung masih minimnya mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri seperti Amerika Serikat (AS). 

Hal ini Jokowi kemukakan saat membuka pertemuan tahunan Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jawa Timur.

Awalnya Jokowi bercerita soal kunjungannya ke dua kampus di Washington DC dan San Fransisco saat kunjungan kerja di AS. Ia merasa kaget karena banyak mahasiswa yang berasal dari Tiongkok.

"Saya kaget karena lebih dari separuh mahasiswanya itu dari Tiongkok, dari RRT, dari China," kata Jokowi seperti dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 15 Januari 2024.

Jokowi mengatakan, peningkatan jumlah mahasiswa yang kuliah di luar negeri menjadi salah satu faktor Tiongkok menjadi negara maju, karena didukung SDM-nya.

"Ooh, inilah yang menyebabkan Tiongkok itu melompat maju di 20 tahun terakhir ini, dan melampaui negara-negara yang sudah maju," paparnya.

Selain Tiongkok, Jokowi menyebut mahasiswa yang banyak berkuliah di luar negeri terutama AS adalah India. Jumlahnya sangat jauh dibandingkan mahasiswa asal Indonesia.

"Saya cari lagi mahasiswa Indonesia, ternyata ada lima. Sangat kecil," ujarnya.

Untuk itu, mantan Walikota Solo itu ingin menyiapkan SDM Indonesia lebih unggul. Terlebih, Indonesia akan menghadapi bonus demografi di 2045.

Jokowi juga menekankan pentingnya peran pemerintah dan para pimpinan perguruan tinggi dalam menjawab tantangan pendidikan. 

"Sumber daya alam yang melimpah tidak lah cukup untuk menjadi negara maju, yang paling penting yang pertama kita butuh SDM yang berkualitas, yang kedua kita butuh iptek dan inovasi yang juga berkualitas," ungkap Jokowi.

"Keduanya menjadi tugas penting lembaga pendidikan tinggi kita, tugas para dosen tugas para rektor dan tugas kita semuanya," tandasnya.sinpo

Komentar: