KPU akan Kurangi Pengawal Pribadi Capres-Cawapres Masuk Venue di Debat Keempat

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 16 Januari 2024 | 14:33 WIB
Ilustrasi. Debat kedua Pilpres 2024. (SinPo.id/Ashar)
Ilustrasi. Debat kedua Pilpres 2024. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan membatasi jumlah pengawal pribadi dari masing-masing pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) masuk ke venue di debat keempat Pilpes 2024 pada Minggu, 21 Januari 2024.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan, hal ini agar para pengawal pribadi pasangan calon tidak meluber hingga ke tribune penonton seperti terjadi pada debat sebelumnya.

"Akan disampaikan ke tim paslon, tidak harus khawatir urusan pengawalan pribadi. Nanti pengawalan pribadi sebagian akan tetap masuk mendampingi, tapi sebagian kan bisa di luar," kata Mellaz dalam keterangannya, dikutip Selasa 16 Januari 2024.

Mellaz bercerita bahwa dirinya melihat banyak orang yang duduk di bagian tribun venue saat gelaran debat ketiga pilpres di Istora Senayan pada Minggu, 7 Januari 2024 lalu.

Setelah dikonfirmasi, diketahui bahwa mereka merupakan para pengawal pribadi paslon. August pun meminta para pengawal pribadi itu untuk tidak ikut melakukan selebrasi apapun.

"Saya sampaikan 'oke' kalau gitu gak usah dikeluarkan tapi dipastikan bahwa mereka tidak ikut teriak-teriak',” ujarnya.

Seperti diketahui, KPU akan menggelar debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, pada Minggu, 21 Januari 2024. Ini merupakan debat kedua bagi para cawapres.

Adapun tema yang akan dibahas adalah Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.sinpo

Komentar: