BPBD DKI Peringatkan Cuaca Ektrem di Jakarta 24-26 Januari 2024

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 21 Januari 2024 | 12:39 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Pixabay)
Ilustrasi (Sinpo.id/Pixabay)

SinPo.id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan potensi terjadinya cuaca ekstrem pada 24 hingga 26 Januari 2024.

Masyarakat yang tinggal di Jakarta diminta waspada terhadap potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi dalam periode tersebut.

"Waspada cuaca ekstrem Provinsi DKI Jakarta durasi 24-26 Januari 2024," tulis informasi yang disampaikan BPBD DKI Jakarta melalui instagramnya, @bpbddkijakarta, dikutip Minggu, 21 Januari 2024.

BPBD menjelaskan, merujuk pada analisis terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan. Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruakan dingin.

Sehingga dapat menyebabkan adanya peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan sebelah selatan ekuator, aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu potensi peningkatan awan hujan.

Serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Laut Jawa dan Pulau Jawa bagian barat hingga bagian tengah yang disebabkan oleh adanya sistem tekanan rendah di sekitar Australia dan di Samudra Pasifik tenggara Papua.

Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112," tansasnya.sinpo

Komentar: