Prabowo Akan Kucurkan Dana Abadi Budaya

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Februari 2024 | 20:54 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/tkn)
Prabowo Subianto (SinPo.id/tkn)

SinPo.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto berencana akan memberikan dana abadi budaya untuk mendukung keberlangsungan kalangan budayawan di semua bidang di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Prabowo saat ditanya mengenai kebudayaan dalam debat capres kelima 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

"Kami prabowo-gibran ada dana abadi budaya untuk memberi dorongan dukungan untuk semua aktor-aktor, pelaku-pelaku di semua bidang. Ini adalah mutlak bagi kita," kata Prabowo, Minggu, 4 Februari 2024.

Prabowo menyebut, budaya akan tumbuh berkembang dalam kualitas yang responsif, yaitu setiap individu memiliki ruang kebebasan berkreasi dan tanggung jawab sosial.

"Budaya adalah sangat penting. Budaya adalah karakter bangsa, tanpa kita membanggakan, menghormati, melestarikan budaya kita sendiri kita hilang jati diri sebagai bangsa. Semua bidang harus kita bantu kita lindungi," ujarnya.

Prabowo menyatakan bahwa Undang-Undang kemajuan kebudayaan saat ini telah terdistrorosi oleh birokratisasi dan komersialisasi.

"Saya agak berbeda saya tidak ikut paham-paham neolib, bahwa pemerintah bukan hanya regulator, pemerintah di depan pelopor, intervensi bila perlu, bekerja untuk rakyat," paparnya.

"Saya sendiri sudah 37 tahun mengurusi pencak silat, belum lagi budaya-budaya lain seperti sundratari, wayang orang, wanyang golek, wayang kulit, dan segala macam musik kita, ini selalu harus pemerintah," tandasnya.sinpo

Komentar: