Bicara Kebudayaan, Prabowo Respon Baik Tanggapan Anies dan Ganjar

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Februari 2024 | 21:18 WIB
Prabowo Subianto (Sinapo.id/tkn)
Prabowo Subianto (Sinapo.id/tkn)

SinPo.id - Calon Presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyambut baik respon kedua kandidat capres, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo terkait gagasannya dalam persoalan kebudayaan.

Dalam paparannya, Prabowo Subianto menegaskan bahwa budaya adalah hal yang harus dijaga, karena itu adalah jati diri bangsa.

"Saya kira kedua respons itu masuk akal saya bisa menerima dua respon itu memang banyak benernya ya kita harus bener-benar memberi ruang untuk inisiatif, untuk inovasi, kreativitas,"kata Prabowo di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu, 4 Febuari 2024.

Menaggapi gagasan Prabowo soal kebudayaan, capres Ganjar Pranowo menilai bahwa pemerintah hanya perlu bertindak sebagai fasilitator. Kemudian memberikan ruang ekspresi terhadap para pelaku kebudayaan. 

Sementara capres Anies Baswedan mengusulkan perlu ada Kementerian Kebudayaan. Di lembaga ini, akan menjadi penyalur dari semua sumber saya untuk mendukung pemajuan kebudayaan.

Prabowo pun menegaskan, pemerintah harus berani untuk turun tangan membantu situs-situs budaya yang terbengkalai.

"Pmerintah harus berani untuk juga turun tangan, menjaga situs-situs membantu museum-museum, mebantu istana-istana, sultan kita yang sudah mau roboh, ini harus kita bantu, ini warisan budaya, warisan sejarah kita, hal hal seprti itu harus kita perhatikan," tegasnya.

"Saya juga setuju itu (dengan anis) kalau saya jadi presiden, saya juga memikirkan kementerian kebudayaan. Kalau ide yang baik dari manapun bisa saya terima dan saya dukung," tandasnya.

 sinpo

Komentar: