Bawaslu Temukan 13 Wilayah LN Belum Selesaikan Pengiriman Surat Suara

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 06 Februari 2024 | 06:51 WIB
Bawaslu
Bawaslu

SinPo.id -  Bawaslu temukan 13 wilayah yang belum selesai melakukan pengiriman surat suara hingga batas pengiriman surat suara. Hal itu disampaikan Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Konferensi Pers Bersama antara Bawaslu, KPU, dan Kemlu, Senin 5 Februari 2024

"Keterlambatan pengiriman surat suara ini, berdasarkan rekapitulasi hasil pengawasan Panwaslu LN pada tanggal 11 Januari 2023," kata Herwyn.

Herwyn mengungkapkan, 13 wilayah yang belum selesai melakukan pengiriman surat suara ini, tersebar di beberapa negara. Semisal di Pretoria, Afrika Selatan.

"TUP (anggaran) mengalami keterlambatan yang berimplikasi pada keterlambatan pengiriman surat suara Pos. Karena hal tersebut PPLN telah mendapatkan pinjaman anggaran dari KBRI Pretoria dan surat suara akan dikirimkan pada Senin, 15 januari 2024," ungkapnya.

Selain itu permasalahan keamanan logistik, yakni potensi pengiriman surat suara pos tidak sampai ke pemilih hingga kesulitan verifikasi pemilih, juga menjadi salah satu hasil temuan Bawaslu di LN.sinpo

Komentar: