Akibat Hujan Deras, Satu Ruas Jalan dan 2 RT di Jakarta Tergenang Air

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 01 Maret 2024 | 21:17 WIB
Genangan di ruas jalan di jakarta (SinPo.id/Beritajakarta)
Genangan di ruas jalan di jakarta (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, sebanyak 1 ruas jalan dan 2 Rukun Tetangga (RT) tergenang, akibat guyuran hujan deras sejak Jumat sore.

"BPBD mencatat terdapat genangan di 1 ruas jalan dan 2 RT atau 0.006 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Jumat, 1 Maret 2024.

BPBD DKI menjelaskan, per pukul 19.00 WIB, 2 RT yang tergenang berada di Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat. Ketinggian air mencapai 30 cm.

Genangan itu disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Sekretaris. Semantara ruas jalan tergenang di Jalan Ciledug Raya (Seskoal), Cipulir, Jakarta Selatan. Ketinggian air mencapai 40 cm.

"BPBD DKI mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," ujarnya.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk penanganan pengungsi. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat.

Lebih lanjut, BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.sinpo

Komentar: