4 Tips Tetap Sehat saat Berpuasa, Salah Satunya Sahur

Oleh: Panji
Jumat, 08 Maret 2024 | 16:35 WIB
Menjalankan ibadah puasa  (Foto/Freepik)
Menjalankan ibadah puasa (Foto/Freepik)

SinPo.id - Menjalani puasa Ramadan merupakan kewajiban bagi umat Islam. Meski kabarnya kegiatan ibadah itu membuat tubuh menjadi sehat, namun berpuasa juga berpotensi membuat sakit jika tubuh tidak dijaga dengan baik.

Selain melatih kesabaran, tubuh juga perlu dilatih agar berpuasa menjadi lebih menyenangkan dan terhindar dari berbagai gangguan.

Berikut tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat selama menjalankan puasa Ramadan dilansir dari berbagai sumber.

1. Pastikan melaksanakan sahur

Sahur merupakan sesi makan yang paling penting untuk mendapatkan asupan energi selama berpuasa mulai dari subuh hingga maghrib.

Pastikan mengonsumi karbohidrat dan juga protein agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi. Sahur juga akan memberikan tenaga agar tidak mudah kelelahan selama berpuasa.

2. Cukupi asupan air mineral 

Minum air mineral tidak hanya menghilangkan haus, air mineral juga sangat berguna untuk menghidrasi tubuh agar tetap terjaga selama berpuasa.

Cobalah untuk minum air mineral dengan cukup saat sahur maupun berbuka puasa. Anda bisa mengonsumsi air mineral mulai dari sebelum imsak dan saat berbuka puasa.

Selain itu, kurangi mengonsumsi kopi dan teh ketika imsak atau sebelum berpuasa agar mulut dan tenggorokan tidak mudah kering dan berasa asam.

3. Berolahraga jika memungkinkan

Berolahraga mungkin menjadi kegiatan yang paling malas untuk dilakukan karena berpuasa membutuhkan banyak energi.

Meski demikian, berolahraga juga memiliki manfaatnya sendiri. Salah satunya untuk melatih tubuh agar lebih fit dan bugar saat berpuasa. Cobalah untuk berolahraga ringan sebelum berbuka puasa agar kesehatan tetap terjaga.

4. Hindari makan berlebihan

Sahur dan buka puasa menjadi momen paling ditunggu untuk menjalani ibadah beruasa. Akan tetapi, kegiatan menyantap dan menikmati hidangan tersebut acap kali dilakukan secara berlebihan sehingga lambung bekerja secara berlebihan.

Cobalah untuk menyantap sajian secukupnya ketika sahur dan awali mengonsumsi kurma dan air putih saat berbuka agar lambung tidak kaget saat makanan usai berpuasa.sinpo

Komentar: