9 Langkah Membuat CV yang Menarik, Auto Dilirik HRD!

Oleh: Mufit
Selasa, 12 Maret 2024 | 08:44 WIB
Ilustrasi cara membuat CV. (Foto/freepik)
Ilustrasi cara membuat CV. (Foto/freepik)

SinPo.id - Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu syarat penting yang harus dipenuhi oleh pelamaran kerja. 

Sebab Human Resource Development atau HRD bakal menilai potensi pelamar dari CV yang telah dibuat tersebut.

Tentu ini menjadi penting, jika CV yang Anda miliki menarik, maka akan memberikan peluang besar untuk mengikuti tes atau wawancara, hingga akhirnya bisa diterima kerja. 

Oleh karena itu, Anda harus mempelajari dan mengetahui bagaimana cara membuat CV yang menarik agar dilirik oleh recruiter.

Lantas seperti apa CV yang ideal? Simak ulasan berikut ini, seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa, 12 Maret 2024. 

1. Buat CV singkat namun jelas 
 
Buatlah CV yang singkat namun tetap jelas agar tidak membuat bingung recruiter. Anda bisa memberikan informasi tentang data diri Anda secara singkat, padat dan relevan. Hindari membuat CV lebih dari dua halaman. 

Sebisa mungkin, buat CV yang rapi agar recruiter bisa memahami dengan mudah. Anda bisa membuat tulisan dengan bullets point.

2. Gunakan font profesional

Penulisan CV sangat penting untuk diperhatikan, termasuk dalam pemilihan font. Terlihat sepele, namun hal ini bisa membuat CV Anda tampak menarik. 

Pilih font yang memudahkan recruter dalam membaca CV milik Anda. Font yang umum digunakan untuk membuat CV yaitu Arial, Calibri, atau Times New Roman. Untuk ukuran font antara 10 - 12 point.

3. Perhatikan tata bahasa

Dalam membuat CV yang menarik tentu harus dengan tata bahasa yang baik dan benar. Jangan menyingkat tulisan agar CV Anda tampak profesional. 

Selain itu, pastikan tulisan CV Anda tidak ada kesalahan penulisan atau typo. 

Jadi, sebelum mengajukan CV, baca kembali CV secara perlahan untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan. 

Selain itu, dalam menulis CV juga sebaiknya menggunakan satu bahasa saja, pilih bahasa Inggris atau Indonesia. Jika Anda memilih menggunakan campuran bahasa akan terlihat tidak konsisten. 

4. Riwayat pendidikan
 
Jenjang pendidikan adalah hal penting yang harus dicantumkan saat membuat CV, karena bisa menjadi penilaian tersendiri bagi HRD perusahaan. 

Di dalam CV, umumnya jenjang pendidikan ditulis berdasarkan urutan pendidikan yang baru saja diselesaikan pelamar. Tetapi biasanyna perusahaan hanya melihat dua pendidikan terakhir yang ditempuh.

5. Tambahkan pengalaman kerja

Anda bisa mencantumkan pengalaman-pengalaman kerja saat membuat CV. Ini bisa memberikan nilai plus bagi rekruter terhadap pelamar. 

Pastikan pengalaman yang Anda cantumkan memiliki relevansi tinggi terhadap posisi kerja yang Anda pilih. 

Untuk fresh graduate yang masih belum memiliki pengalaman, bisa masukkan soft skill atau hard skill yang dikuasai selama kuliah.
 
6. Cantumkan kemampuan yang dimiliki
 
Cara membuat CV menarik selanjutnya adalah dengan menambahkan kemampuan diri yang sesuai dengan posisi kerja yang dipilih. Apabila Anda mempunyai banyak kemampuan, pilihlah kemampuan yang relevan. 

7. Pilih Foto yang profesional

Berikutnya, Anda perlu memasukkan foto untuk CV yang menarik. Hal ini tidak kalah penting, terutama bagi perusahaan yang menginginkan kualifikasi penampilan yang menarik. 

Untuk foto CV, sebaiknya gunakan foto yang tampak rapi dan profesional, namun jangan terlalu kaku.
Sertakan Kontak.

8. Cantumkan kontak pelamar

Terakhir ialah soal kontak pelamar, agar recruiter bisa menghubungi apabila ada informasi terkait lamaran yang diajukan. 

Ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan dalam memberikan informasi kontak di dalam CV diantaranya:

Nama lengkap, Email (aktif) dan Nomor telepon (aktif)

Sebagai catatan, dalam memberikan alamat email, hindari email dengan nama yang kurang profesional.

9. Informasi Tambahan

Mencantumkan informasi lain tentang pencapaian di dalam CV juga bisa dilakukan. Pastikan Anda mencantumkan pencapaian secara relevan agar bisa menjadi nilai plus di mata HRD. 

Dengan memberikan informasi ini, akan menjadikan Anda sebagai kandidat yang lebih baik dibanding kandidat lain yang mungkin memiliki latar belakang yang sama. 

Informasi lain yang bisa Anda tambahkan yaitu sertifikat profesional atau pelatihan. Bagi Anda yang baru lulus, bisa menambahkan informasi seperti pengalaman kepanitiaan, freelance atau penghargaan akademik.sinpo

Komentar: