Ibadah puasa

Cara Hindari Bau Mulut saat Puasa, Sikat Gigi Saja Tidak Cukup

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 14 Maret 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi bau mulut. (Foto/Freepik)
Ilustrasi bau mulut. (Foto/Freepik)

SinPo.id - Bau mulut jadi salah satu tantangan saat menjalani ibadah puasa. Ini karena saat perut kosong, secara alami membuat asam lambung meningkat, lalu keluar melalui rongga mulut dan menimbulkan bau tidak sedap.

Tapi ada juga banyak faktor lain yang menyebabkan bau mulut, dan rata-rata berasal dari dampak gaya hidup atau pola konsumsi.

Maka dari itu, mari simak tips-tips mengatasi bau mulut saat berpuasa di bawah ini:

1. Rutin menyikat gigi

Perlu diketahui, menyikat gigi saat puasa yang paling tepat adalah setelah santap sahur dan menjelang tidur di malam hari.

Langkah ini dapat menjaga kesehatan mulut serta gigi pada saat berpuasa. 

Selain itu sikat gigi juga merupakan cara terbaik untuk jaga kebersihan mulut, sebab berguna untuk menghilangkan plak, mencegah sariawan dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah bau mulut.

2. Membersihkan lidah

Selain sika gigi, membersihkan lidah juga sangat dianjurkan sepanjang menjalankan ibadah puasa. Ini karena lidah adalah tempat berkumpulnya banyak bakteri, yang berpindah dari gigi.

Cara membersihkan lidah bisa dengan berkumur atau menyikatnya secara berlahan. 

3. Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih merupakan cara terampuh untuk menghilangkan bau mulut. Dan disarankan untuk banak minum air putih saat berbuka maupun sahur. Jika asupan cairan kurang, maka dapat mengganggu suasana rongga mulut Anda. 

Sebagai catatan, tubuh Anda membutuhkan air mineral delapan gelas atau dua liter dalam satu hari, dan ini sangat dianjurkan bagi yang sedang berpuasa.

4.Kurangi Merokok

Cara mengindari bau mulu saat puasa selanjutnya bisa dengan kurangi merokok, karena ini salah satu sumber masalah dari bau mulut.

Selain itu, rokok juga menyebabkan noda pada gigi serta memacu terjadinya kanker mulut.sinpo

Komentar: