Kesehatan

Jokowi Tinjau Rumah Sakit di Sumut, Cek Layanan Cepat BPJS Kesehatan

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 15 Maret 2024 | 15:04 WIB
Jokowi tinjau RS di Sumut (SinPo.id/Setpres)
Jokowi tinjau RS di Sumut (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau rumah sakit umum daerah (RSUD) Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Jumat, 15 Maret 2024. Ia memantau langsung pelayanan pasien BPJS Kesehatan.

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, dan Pj Bupati Padang Lawas Edy Junaedi.

"Saya ingin memastikan pelayanan rumah sakit di sini baik, dan saya lihat tadi di pendaftaran BPJS semuanya berjalan cepat," ujar Jokowi dalam keterangannya resmi.

Jokowi menyampaikan bahwa RSUD Sibuhuan memiliki 17 dokter spesialis, lebih dari standar yang hanya tujuh. 

Namun, ia mengidentifikasi beberapa kekurangan seperti perlunya penambahan peralatan medis termasuk CT scan, mamografi, dan fasilitas kemoterapi, serta peningkatan kapasitas gedung dan ruangan.

"Ini yang akan kita perbaiki, kita bangun, kita intervensi. Saya kira bagus lah," imbuhnya.

Mengenai tambahan dokter spesialis, Jokowi mengatakan bahwa spesialisasi untuk jantung dan stroke mungkin perlu ditambahkan, dan hal ini akan ditindaklanjuti oleh Menteri Kesehatan.

"Untuk (dokter spesialis) jantung dan struk mungkin perlu ditambah, nanti pak Menteri Kesehatan (yang urus)," tandasnya.sinpo

Komentar: