Empat Masjid Terpopuler untuk Wisata Religi di Jakarta

Oleh: Panji
Sabtu, 16 Maret 2024 | 11:42 WIB
Suasana Masjid Istiqlal (Foto/Kemenag)
Suasana Masjid Istiqlal (Foto/Kemenag)

SinPo.id - Masjid menjadi tempat favorit bagi umat muslim untuk dikunjungi saat bulan Ramadan. Tidak hanya untuk beribadah, masjid juga menjadi tempat untuk berwisata religi di bulan penuh rahmat ini.

Selain untuk memperdalam iman, pengunjung bisa melakukan sejumlah aktivitas dari mulai salat, ziarah, itikaf, belajar di perpustakaan Islam dan museum islami untuk memperdalam wawasan.

Berikut ini empat masjid yang bisa dijadikan tempat wisata religi di DKI Jakarta,

1. Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat

Siapa tak kenal Masjid Istiqlal? Bangunan megah yang berdiri di sebelah istana Merdeka ini menjadi tempat paling favorit untuk dikunjungi umat muslim, khususnya di Jakarta. Masjid itu menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan keenam di dunia untuk menampung 200 ribu jamaah. Bangunan megah itu dinamai Istiqlal guna memperingati kemerdekaan Indonesia sesuai namanya ‘Istiqlal’ yang berarti kemerdekaan.

 
2. Masjid Babah Alun, Jakarta Selatan

Masjid ini dinamai sesuai pemilik sekaligus pendirinya, yakni Jusuf Hamka yang merupakan pria keturunan Tionghoa dengan warna merah dan emas mencolok khas budaya China. Berlokasi di Jalan Mandala II Bawah No 100, RT4/2, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Tempat ibadah itu menjadi salah satu destinasi religi yang cukup otentik untuk dikunjungi.

3. Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari yang terletak di Daan Mogot, Jakarta Barat ini memiliki desain seperti rumah bapang khas Betawi dengan atap berbentuk segitiga. Selain itu, masjid yang dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI seluas 2,4 hektare itu memiliki area masjid dengan 2 lantai yang dilengkapi lima menara guna melambangkan Rukun Islam.

4. Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur

Masjid yang berdiri di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu terinspirasi dari salah satu surah Al-Qur'an. Selain itu, masjid tersebut juga dibangun untuk mengenang jasa istri mantan Presiden Soeharto, Hj. Fatimah Siti Hartinah alias Ibu Tien. Dengan arsitektur berbentuk kubus dan empat menara kecil, masjid tersebut sangat cocok untuk dikunjungi untuk berwisata dan beribadah.sinpo

Komentar: