Ramadan

Begini Situasi CFD Sudirman-Thamrin saat Bulan Ramadan

Oleh: Mufit
Minggu, 17 Maret 2024 | 09:01 WIB
Situasi CFD Sudirman-Thamrin Jakarta. (Foto:SinPo.id/Mufit)
Situasi CFD Sudirman-Thamrin Jakarta. (Foto:SinPo.id/Mufit)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap memberlakukan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) setiap Minggu di sepanjang ruas jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta selama bulan Ramadan 2024.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Minggu 17 Maret 2024, suasana CFD dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Monumen Nasional atau Monas tampak sepi dan tidak seramai seperti hari biasanya sebelum Ramadan.

Ini merupakan Minggu pertama bulan Ramadan CFD digelar. Sepanjang jalan Sudirman-Thamrin yang biasanya ramai dengan warga yang melakukan berbagai aktivitas olahraga sekarang tampak sepi.

Selain itu tak ada bazar-bazar makanan yang biasanya berjejeran di ruas jalan sekitaran HI. Lalu tak ada juga acara yang digelar, seperti misalnya live music dan hiburan lainnya sebagaimana CFD sebelum Ramadan.

Salah satu pengunjung CFD bernama Novi (28) mengaku tak kaget melihat suasana CFD kali ini sepi. Sebab, masyarakat tengah menjalankan ibadah puasa.

"Nggak kaget sih biasa aja lihatnya karena semua orang sudah tau mungkin lagi capek karena lagi berpuasa, yang biasanya olahraga pagi di hari Minggu mungkin selama bulan Ramadan diganti jadi sore,'' ucap Novi saat ditemui di kawasan CFD Sudirman-Thamrin, Minggu 17 Maret 2024.

Novi juga mengaku tak mempermasalahkan beberapa aturan yang dikeluarkan Pemprov DKI untuk mengatur CFD sepanjang bulan Ramadan. 

Diketahui, Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memutusakan tetap memberlakukan CFD sepanjang bulan Ramadan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syarifin Liputo mengatakan, pemberlakuan CFD tersebut merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan HBKB.

"Pelaksanaan HBKB atau CFD tetap ya di dilaksanakan hari Minggu,'' kata Syarifin kepada wartawan, Senin 11 Maret 2024.

Namun pada bulan Ramadhan, pelaksanaan HBKB hanya menjadi ruang publik bagi seluruh masyarakat untuk kegiatan olahraga tanpa adanya acara.

"Pada bulan Ramadhan, HBKB tetap dilaksanakan, namun tanpa partisipan atau tanpa pengisi acara seperti panggung, musik, pawai, tenda-tenda, dan lain-lain," ujar Syafrin.sinpo

Komentar: