MUDIK LEBARAN 2024

Polri Imbau Masyarakat Mudik Sebelum Puncak Arus Kendaraan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 30 Maret 2024 | 15:28 WIB
Suasana mudik Lebaran (SinPo.id/ Ashar)
Suasana mudik Lebaran (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengimbau kepada masyarakat agar mudik sebelum memasuki puncak arus kendaraan terjadi.

“Dari kami (Korlantas), masyarakat coba memanage atau mengelola arus mudik dan balik. Tanggal 7,8,9 (April) kan itu puncak, kalau bisa ya sebelum sebelumnya lah (tanggal) 3,4,5 ini bisa dibagi-bagi,” kata Slamet dikutip dari laman resmi Polri, Sabtu, 30 Maret 2024.

Slamet menambahkan perihal kesiapan masyarakat mulai dari kondisi fisik, kendaraan, hingga saldo uang elektronik (e-Toll). Sehingga tidak menjadi kendala saat melakukan perjalanan Mudik Lebaran 2024.

“Kesiapan ranmor, kesiapan diri, termasuk saldo (e-Toll) nya harus ready, dan utamakan keselamatan sesama pengguna jalan lainnya,” katanya.

Adapun, sambung Slamet, bagi pengendara yang merasa lelah saat berkendara agar segera mencari rest area terdekat. Hal ini bertujuan agar jangan sampai pemudik memilih untuk beristirahat di bahu jalan.

“Kalau lelah, ngantuk beristirahatlah di tempat yang sudah disediakan di Pospam, Posyan, di rest area terdekat. Jangan istirahat di bahu jalan khususnya di jalan tol itu sangat membahayakan,” tutur dia.

“Karena kecepatan di jalan tol kan itu luar biasa, dia ada standar minimal dan maksimalnya. Jadi kalau istirahat, ya istirahat di tempat yang lain,” sambung dia.sinpo

Komentar: