Paus Fransiskus Kembali Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Oleh: VOA INDONESIA
Senin, 01 April 2024 | 05:35 WIB
PAUS FRANSISKUS
PAUS FRANSISKUS

SinPo.id -  Paus Fransiskus menyerukan dilakukannya gencatan senjata segera di Gaza dan pembebasan semua sandera Israel. Hal tersebut disampaikan Paus dalam pidato Minggu Paskah, hari paling penting dalam kalender Kristen. Dalam pidato tersebut, Paus mengecam penderitaan yang disebabkan oleh perang.

Paus memimpin misa di Lapangan Santo Petrus yang dipenuhi jemaat dan dihiasi bunga. Ia kemudian menyampaikan pemberkatan dan pesan “Urbi et Orbi” atau pesan kepada kota dan dunia dari balkon tengah Basilika Santo Petrus.

Kesehatan Paus Fransiskus, 87 tahun, mengalami penurunan dalam beberapa minggu terakhir. Hal tersebut membuat Paus sering kali membatasi pidatonya di depan umum dan membatalkan acara, termasuk pada Jumat Agung. Ia juga tidak bisa mengikuti prosesi di Koloseum Roma untuk sementara waktu.

Meskipun demikian, Paus menghadiri acara Pekan Suci lainnya menjelang Paskah, dan menunjukkan semangat yang relatif baik pada Minggu.

Setelah kebaktian, Paus Fransiskus menaiki mobil pausnya yang beratap terbuka untuk menyambut jemaat di alun-alun dan jalan yang menghubungkan Gereja Santo Petrus dengan Sungai Tiber. Vatikan mengatakan sekitar 60.000 orang hadir dalam acara tersebut.

Paus Fransiskus telah berulang kali mengekspresikan kesedihannya atas bencana kematian dan kehancuran dalam konflik di Gaza. Paus, Minggu 31 Maret, kembali mengulang seruannya agar dilakukan gencatan senjata.

"Saya kembali menyerukan untuk memastikan akses terhadap bantuan kemanusiaan ke Gaza, serta pembebasan segera para sandera yang ditahan sejak 7 Oktober lalu, dan juga untuk segera dilakukan gencatan senjata di Jalur Gaza," katanya dalam pesan Urbi et Orbi.

"Betapa banyak penderitaan yang kita lihat dari mata anak-anak, anak-anak lupa untuk tersenyum di wilayah konflik tersebut Melalui mata mereka, anak-anak menanyakan kepada kita: Mengapa? Mengapa semua kematian ini? Mengapa semua kehancuran ini? Perang selalu merupakan absurditas dan kekalahan," tambah Paus.

Pada pesan Paskahnya, Paus biasanya menyoroti isu-isu global, dan ia menyebutkan titik konflik lainnya, termasuk Ukraina, Suriah, Lebanon, Armenia dan Azerbaijan, Haiti, Myanmar, Sudan, wilayah Sahel dan Tanduk Afrika, Kongo, dan Mozambik.sinpo

Komentar: