Kemenhub Larang Tiket Mudik Gratis Lebaran Diperjualbelikan

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 03 April 2024 | 13:36 WIB
Mudik dengan bus (SinPo.id/dok.Kemenhub)
Mudik dengan bus (SinPo.id/dok.Kemenhub)

SinPo.id - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) Hendro Sugiatno melarang masyarakat untuk memperjualbelikan tiket mudik gratis Lebaran 2024 yang telah disediakan melalui aplikasi MitraDarat. Pasalnya, beredar informasi di media sosial bahwa tiket mudik gratis moda transportasi bus diperjualbelikan. 

"Kementerian Perhubungan sangat menyayangkan kejadian ini. Mudik gratis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa mudik lebih aman, selamat, nyaman dan tentunya tanpa biaya. Kami meminta agar masyarakat tidak memperjual belikan tiket mudik gratis," kata Hendro, dikutip Rabu, 3 April 2024. 

Hendro menyampaikan, praktik jual-beli tiket mudik gratis ini dapat merugikan orang lain yang sangat membutuhkan akses untuk mudik ke kampung halamannya pada momen Lebaran 2024.

Lebih jauh, dalam rangka mengantisipasi penyalahgunaan tiket mudik gratis, Ditjen Hubdat akan melakukan validasi ulang pada hari keberangkatan. Tujuannya untuk memastikan tiket hanya digunakan oleh pemegang yang terdaftar secara resmi.

"Nanti akan dilakukan pencocokan nama dan NIK yang tertera pada tiket mudik gratis melalui pemeriksaan kartu tanda penduduk (KTP) para peserta saat hari-H keberangkatan. Yang identitasnya berbeda tidak akan bisa ikut berangkat mudik gratis," kata Hendro.

Hendro juga mengingatkan para peserta program mudik gratis untuk segera melakukan validasi dan menukarkan tiket fisik mereka di posko yang telah disediakan.

"Kementerian Perhubungan akan terus mengawal dan mengawasi apabila terjadi hal-hal yang tidak semestinya pada program Mudik Gratis 2024 ini demi keselamatan dan keamanan bersama," tuturnya.

Sebagai informasi, Kemenhub baru saja menambah kuota Mudik Gratis 2024 dengan moda bus sebanyak 10.000 kursi untuk keberangkatan saat arus mudik maupun balik.

Saat ini kuota Mudik Gratis 2024 itu dapat di cek secara berkala di aplikasi MitraDarat, karena jika ada yang gagal validasi kuota akan otomatis terbuka.sinpo

Komentar: