Korlantas Polri Berlakukan Contraflow di Tol Japek pada Hari Ini

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 07 April 2024 | 08:29 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan. (SinPo.id/Humas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan. (SinPo.id/Humas Polri)

SinPo.id - Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow atau lawan arah di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Minggu, 7 April 2024, mulai pukul 00.00 WIB. Contraflow satu lajur diterapkan di KM 36 sampai dengan KM 47.

"Khusus untuk lajur tiga dan empat dari arah Jakarta yang diperbolehkan masuk contraflow," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dalam keterangannya dikutip Minggu, 7 April 2024.

Kemudian, kata Aan, contraflow dua lajur diberlakukan di KM 47 sampai dengan KM 70. Khusus untuk lajur tiga dari arah Jakarta yang diperbolehkan masuk ke contraflow. 

"Kendaraan yang masuk jalur contraflow di Tol Japek diperuntukkan bagi yang menuju Tol Cipali arah timur Pulau Jawa (Jateng dan Jatim). Lajur satu dan dua untuk kendaraan yang menuju Kalihurip dan Tol Cipularang," ungkap dia. 

Dia pun berujar, pelaksanaan contraflow bersifat situasional melihat volume kendaraan di jalan tol sesuai diskresi kepolisian.

Sebelumnya, Aan mengatakan puncak arus mudik Lebaran 2024 di tol Trans Jawa diprediksi akan terjadi pada malam hari ini Sabtu, 6 April 2024.

"Untuk di tol sendiri ya kalau kita lihat angka hari ini memang hari ini baru 44 ribu ya sampai dengan Sift 1 itu jam 02.00 WIB prediksi hari ini ada yang ke arah timur itu ada 171 ribu, kemungkinan malam ini itu akan terealisasi sebagai puncak arus mudik yang ke arah arah Jawa, kemungkinan nanti masuk kepada angka 178 ribu," ujar Aan.

Dia juga mengungkapkan pihaknya terus memantau pergerakan arus mudik-balik baik di jalur tol, arteri, penyebrangan dan destinasi wisata.

"Kita masih terus memantau arus lalu lintas di jalan tol di Arteri di wisata kemudian termasuk di penyeberangan Merak Ketapang Gilimanuk maupun Bakauheni," ungkapnya.sinpo

Komentar: