Peringatan May Day 2024, KAI Daop 1 Jakarta Ubah Operasional 12 Perjalanan KA

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 01 Mei 2024 | 11:12 WIB
KRL (SinPo.id/Dok. PT. KAI)
KRL (SinPo.id/Dok. PT. KAI)

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyesuaikan pola operasional perjalanan  kereta api (KA) untuk mengantisipasi dampak unjuk rasa peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional 2024. 

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyebut, ada 12 jadwal keberangkatan KA dari Stasiun Gambir akan juga melayani penumpang yang naik dari Stasiun Jatinegara. 

"Khusus Rabu, 1 Mei 2024, keberangkatan kereta api antara pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang," kata Ixfan dalam keterangannya pada Rabu, 1 Mei 2024.

Pada saat normal, kata Ixfan, kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti untuk menaikkan penumpang di Stasiun Jatinegara. Akan tetapi, untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar Stasiun Gambir sebagai imbas demo tersebut, maka penumpang diberikan opsi untuk naik dari Stasiun Jatinegara.

"Dengan pengaturan pola operasi khusus tersebut, diharapkan pelanggan dapat terhindar dari risiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara," tuturnya. 

Diberitakan sebelumnya, Partai Buruh bersama Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi di Istana Negara, Jakarta dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei 2024.

Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI, Said Iqbal, mengatakan aksi tersebut akan diikuti sebanyak 50 ribu massa buruh yang berasal dari Jabodetabek.

"Aksi akan dilakukan di Istana dari pukul 9.30 sampai dengan 12.30 WIB. Setelah itu, pukul 12.30 massa aksi 50 ribu buruh akan bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” kata Said Iqbal dalam keterangannya, Jumat, 26 April 2024.sinpo

Komentar: