PILKADA JAKARTA

Hasto Akui Anies-Ahok Masuk Bursa Calon Gubernur PDIP di Pilkada Jakarta

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 07 Mei 2024 | 14:45 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (SinPo.id/ Ashar)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengakui nama Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merupakan figur yang diusulkan untuk diusung sebagai kepala daerah di Jakarta.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kedua tokoh tersebut merupakan tokoh yang mencerminkan karakter Indonesia. 

"Kita kan partai demokrasi yang berkarakter Indonesia, sehingga nama-nama itu diusulkan dari bawah," ujar Hasto dalam keterangannya kepada wartawan dikutip Selasa, 7 Mei 2024.

Kendati demikian, kata dia, pihaknya belum dapat menyampaikan terkait nama yang bakal diusung dalam Pilkada Jakarta 2024. Hal itu lantaran pihaknya masih mencermati semua nama-nama yang potensial. 

"Nama-nama akan tersaring sesuai dengan usulan dari daerah-daerah. Mohon maaf, belum bisa kami sebut karena masih melakukan proses pencermatan," ungkap dia. 

Menurut dia, nama bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang diusung PDIP akan disaring melalui usulan dewan pimpinan cabang (DPC) dan dewan pimpinan daerah (DPD).

Oleh karenanya, kata Hasto, saat ini proses penjaringan masih dilakukan di tingkat provinsi untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur.

"Nama-nama terkait dengan siapa yang jadi calon gubernur di wilayah-wilayah yang menjadi sorotan publik, seperti Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, kemudian Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Utara, termasuk Papua dan Aceh, terus dilakukan pencermatan," kata Hasto. 

Seperti diketahui, Pilkada 2024 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 27 November 2024. Pilkada dilaksanakan di wilayah provinsi dan atau kabupaten/kota untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah.sinpo

Komentar: