KIP KULIAH

DPR: KIP Kuliah Harus Lebih Merata dan Tepat Sasaran

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 07 Mei 2024 | 15:13 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira, meminta agar penyebaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dapat lebih merata di seluruh Indonesia. Selain itu, pemberiannya harus tepat sasaran untuk mereka yang membutuhkan.

"Terutama untuk perguruan tinggi swasta dan juga perguruan tinggi yang berakreditasi B dan C. Karena rata-rata mereka ini kesulitan dalam pembiayaan pendidikan,” kata Andreas melalui keterangan persnya, Selasa 7 Mei 2024.

Menurutnya, KIP Kuliah seharusnya diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan dan mereka yang mempunyai prestasi dan motivasi akademis. Namun sering terjadi penyaluran tidak tepat sasaran, lebih dikarenakan kenal atau hubungan nepotisme.

Padahal program KIP Kuliah bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Tetapi karena tidak adanya sistem seleksi yang ketat dan transparan, bantuan tersebut bisa saja salah sasaran.

“Menurut saya, ini harus dilakukan seleksi, sehingga dengan demikian tujuan daripada KIP kuliah itu bisa tercapai,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Andreas, perlu adanya pembenahan dalam proses seleksi dan rekrutmen penerima KIP Kuliah, untuk mencegah penyalahgunaan dan memastikan bahwa dukungan finansial dari pemerintah benar-benar dapat membantu mahasiswa yang memerlukan.sinpo

Komentar: