Bawaslu Bakal Rekrut 18.557 pada CASN 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 07 Mei 2024 | 20:55 WIB
Ilustrasi seleksi CASN. (SinPo.id/Dok. Kemenpan RBg
Ilustrasi seleksi CASN. (SinPo.id/Dok. Kemenpan RBg

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyatakan bakal merekrut sebanyak 18.557 calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2024 ini. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Ichsan Fuady menyebut, perekrutan yang terbagi untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ini akan lebih terperinci.

“Perlu memetakan jumlah PNPN (pegawai pemerintah non pegawai negeri/honorer) di tiap unit dan memetakan jumlah kebutuhan formasi yang ada. Ini dari sisi manajemen ASN sebagai bagian dari perencanaan kebutuhan dan saat ini dalam proses pengadaan,” kata Ichsan dalam keterangannya, Selasa, 7 Mei 2024.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menyebut, formasi bagi CASN Bawaslu yang meliputi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) diatur berdasarkan keahlian, berdasarkan kebutuhan, dan mempunyai kompetensi.

"Tahun ini kita sebagai salah salah satu dari sepuluh lembaga negara yang menerima CASN terbesar. Untuk itu, perlu ada sosialisasi agar transparan dan tidak ‘bongkar pasang’ dalam pelaksanaannya nanti. Formasi diatur berdasarkan keahlian, berdasarkan kebutuhan, dan mempunyai kompetensi,” ujar Herwyn. 

Menurut dia, akan ada pula pengaturan sumber daya manusia dari ASN untuk kebutuhan empat daerah otonom baru (DOB) di Papua.

"Bukan tidak mungkin akan diisi dari luar Papua yang mempunyai SDM banyak,” tuturnya.sinpo

Komentar: