DPR Harap Perdagangan Jadi Motor Penggerak Kesejahteraan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 Mei 2024 | 09:42 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, berharap sektor perdagangan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pembangunan berkelanjutan dan menjadi motor penggerak kesejahteraan masyarakat di tengah ketidakpastian ekonomi dunia.

“Kendati dihadapkan pada kondisi yang tidak menentu, perdagangan tetap diharapkan dapat menjadi motor penggerak mengangkat kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan,” kata Puan dalam pertemuan Parlemen Negara MIKTA di Meksiko, dikutip Rabu 8 Mei 2024.

Pasalnya, perdagangan dunia masih tumbuh positif jika dilihat dari data IMF menyebut pertumbuhan ekonomi dunia mencapai 3,2 persen tahun 2024 dan 2025. Sementara, pertumbuhan volume perdagangan tahun 2024 menurut WTO diproyeksi meningkat sebesar 2,6 persen.

“Terlihat bahwa meski menghadapi banyak tantangan, baik ketegangan geopolitik, krisis iklim, maupun disrupsi teknologi, arus perdagangan dunia masih dapat tumbuh positif,” tuturnya.

Meski demikian, isu perdagangan tidak dapat dilepaskan dari dinamika geopolitik global. Karena perang dan ketegangan di Timur Tengah dan Ukraina-Rusia juga mendisrupsi rantai pasok global, termasuk untuk produk pangan dan pertanian, serta pasokan minyak.

“Perubahan pola perdagangan internasional yang baru ini membuka peluang negara anggota MIKTA untuk lebih meningkatkan arus perdagangannya," terangnya.sinpo

Komentar: