IBADAH HAJI 2024

Garuda Bakal Terbangkan 109 Ribu Jemaah Haji dengan 14 Pesawat

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 08 Mei 2024 | 19:17 WIB
Calon jemaah haji Indonesia menaiki pesawat Garuda (SinPo.id/ Dok. Garuda)
Calon jemaah haji Indonesia menaiki pesawat Garuda (SinPo.id/ Dok. Garuda)

SinPo.id - Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya akan menerbangkan lebih dari 109.000 calon jemaah haji asal Indonesia ke Tanah Suci, melalui sembilan embarkasi. Dimana, nantinya akan diberangkatkan secara bertahap, mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

"Pada musim Haji 1445H/ 2024 ini, Garuda Indonesia akan mengangkut 109,072 calon jemaah yang akan terbagi ke dalam 292 kelompok terbang (kloter) dan diberangkatkan dari sembilan embarkasi," kata Irfan Setiaputra, dalam keterangannya, Rabu, 8 Mei.

Kesembilan embarkasi yang dimaksud yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Irfan melanjutkan pada 12 Mei, fase 1 keberangkatan Haji 2024, akan diberangkatkan dari tujuh embarkasi, yaitu, Jakarta, Solo, Medan, Banjarmasin, Lombok, Makassar, dan Padang. 

Di mana, kloter asal Jakarta akan menandai penerbangan perdana operasional haji Garuda Indonesia di tahun ini.

Irfan menyampaikan, pihaknya mengoperasikan 14 pesawat berbadan lebar termasuk armada B777-300ER dan A330 yang dimiliki oleh Garuda Indonesia, dalam rangka  mengoptimalkan seluruh rangkaian pelaksanaan penerbangan haji. 

Menurut Irfan, operasional penerbangan haji tahun ini merupakan salah satu momen penting Garuda Indonesia Group, karena dipercaya  sebagai maskapai penyelenggara pengangkutan udara jemaah haji Indonesia tahun ini.

"Dipercaya untuk mengantarkan calon jemaah Haji asal Indonesia untuk menunaikan ibadah Haji ke Tanah Suci lebih dari enam dekade, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sekaligus tanggung jawab bagi kami untuk memastikan kualitas layanan, operasional, dan aspek safety bagi seluruh masyarakat yang akan berangkat ke tanah suci terpenuhi dengan baik," ujarnya.

 sinpo

Komentar: